Wanita

Tips Mudah Atasi Kulit Berminyak dengan Bahan Natural, Mau Coba?

Vitamin A dan B yang terkandung dalam kacang almond sangat baik untuk mengontrol kadar minyak di permukaan kulit.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi kulit berminyak. (pixabay)
Ilustrasi kulit berminyak. (pixabay)

Himedik.com - Memiliki kulit berminyak memang ada enak dan tidaknya. Tetapi bagi kaum hawa, kulit berminyak bisa sangat mengganggu ketika beraktivitas, lantaran menyebabkan penampilan kurang oke.

Nah, bagi kamu yang sudah sering gonta ganti produk skincare khusus kulit berminyak, namun tetap tidak ada hasilnya. Berikut beberapa pilihan perawatan natural yang bisa kamu coba.  

Kacang almond

Vitamin A dan B yang terkandung dalam kacang almond sangat baik untuk mengontrol kadar minyak di permukaan kulit. Selain itu, asam folat yang memperkaya kandungan kacang almond juga bermanfaat untuk mengangkat kelebihan minyak pada wajah.

Almond/unsplash
Kacang almond. (unsplash)

Jojoba oil

Minyak yang diambil dari ekstrak buah jojoba ini bermanfaat untuk kulit berminyak karena cepat diserap dan tidak menyumbat pori-pori kulit. Hasilnya, jojoba oil bisa mengontrol produksi minyak dan menyeimbangkan pH kulit wajah. Oleskan jojoba oil secara merata pada wajah, diamkan selama 15 menit. Setelahnya, bilas dengan menggunakan air suam-suam kuku.

Gandum

Banyak yang mengenal gandum sebagai bahan makanan pokok, tapi hanya sedikit yang tahu khasiatnya untuk kulit berminyak. Gandum mengandung saponin sebagai emolien yang baik untuk melembutkan dan berperan sebagai pasokan air untuk setiap sel kulit. Kamu bisa menggunakan gandum sebagai masker wajah, caranya campur beberapa sendok gandum dengan satu sendok teh madu dan setengah sendok teh air perasan lemon. Kemudian, campur semua bahan hingga menjadi seperti pasta.

Gandum/pexels
Biji gandum. (pexels)

Cendana

Kayu wangi cendana memiliki sifat antimikroba yang bisa mengatasi beberapa masalah kulit, seperti jerawat dan kulit berminyak. Kamu bisa menggunakannya sebagai masker dengan mencampur bubuk kayu cendana, air dan tomat yang dihaluskan. Aduk hingga jadi pasta dan gunakan layaknya masker wajah pada umumnya.

 

Artikel terkait dimuat Dewiku.com dengan judul: Tips Perawatan Natural untuk Kulit Berminyak, Mau Coba?

Berita Terkait

Berita Terkini