Wanita

Peringati Hari Ibu, Ini Manfaat Pelukan Antara Ibu dan Anak

Setiap tanggal 22 Desember diperingati sebagai hari Ibu.

Angga Roni Priambodo | Yuliana Sere

Pelukan ke orang yang kita sayang bisa membawa sejumlah manfaat. (unsplash)
Pelukan ke orang yang kita sayang bisa membawa sejumlah manfaat. (unsplash)

Himedik.com - Setiap tanggal 22 Desember, kita memperingati Hari Ibu. Ini menjadi sebuah momen bagi kita untuk mengingat semua pengorbanan, usaha, cinta dan kasih sayang ibu.

Bagi kamu yang saat ini terpisah jarak dengan ibumu, kamu bisa mengirimkan ucapan dan doa padanya. Bagi kamu yang saat ini bersama ibumu, berikan ia pelukan serta doa tulus yang mengiringi.

Pelukan yang kamu berikan bukan tanpa makna. Selain menandakan kasih sayang pada orang yang telah melahirkanmu, ini juga bisa membawa beberapa manfaat.

1. Pelukan dan kasih sayang pada usia muda bisa membuat anak lebih sehat di masa mendatang

Sebuah penelitian menemukan pelukan bisa sebagai indikator kesehatan anak di masa depan. Hal ini disampaikan penulis studi Judith E. Carroll, Ph.D., asisten profesor psikiatri di UCLA. Menurutnya, pelukan mampu mengecilkan risiko kesehatan di kemudian hari.

2. Pelukan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Hal ini disampaikan melalui studi dari Murphy di Carnegie Mellon. Jika seseorang stres atau merasa terancam maka sistem kekebalan tubuh dapat bertindak lebih agresif.

Ini bisa meningkatkan risiko terhadap berbagai penyakit. Pelukan bisa melindungi kita dari peningkatan respon imun yang terlalu agresif.

Pelukan ke orang yang kita sayang bisa membawa sejumlah manfaat. (unsplash)
Pelukan ke orang yang kita sayang bisa membawa sejumlah manfaat. (unsplash)

3. Pelukan bisa menenangkan dan meredakan stres

Penulis utama sebuah studi, Michael Murphy, Ph.D., peneliti pasca-doktoral di Laboratorium untuk Studi Stres, Imunitas dan Penyakit di Departemen Psikologi di Carnegie Mellon University, mengatakan itu karena sentuhan menonaktifkan bagian otak yang merespons ancaman.

Hasilnya tingkat stres mengalami penurunan dan masalah pada sistem kardiovaskular pun mengalami hal yang sama.

4. Mendorong mood

Serotonin merupakan neurotransmitter yang bertanggung jawab untuk meningkatkan suasana hati yang berkaitan dengan depresi. Oleh karena itu, ketika seseorang memeluk berarti suasana hatinya dapat langsung meningkat hanya dengan melakukan tindakan fisik itu.

Itu tadi beberapa manfaat memeluk seseorang yang kita kasihi. Kamu bisa berikan pelukan untuk ibumu di hari ini atau mengirimkan ucapan jika kalian terpisah jarak dan waktu.

Berita Terkini