Wanita

Senator Elizabeth Warren Lakukan Tes DNA untuk Membuktikan Garis Keturunan

Dalam sebuah tayangan video Elizabeth Warren mengatakan bahwa nenek moyangnya adalah penduduk asli Amerika.

Dinar Surya Oktarini | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Elizabeth Warren. (Instagram/elizabethwarren)
Elizabeth Warren. (Instagram/elizabethwarren)

Himedik.com - Tes DNA adalah prosedur yang digunakan untuk mengetahui informasi genetika seseorang. Dengan tes DNA, seseorang bisa mengetahui garis keturunan.

Seperti yang dilakukan seorang politikus asal Amerika berikut. Melansir dari New York Post, untuk membuktikan bahwa nenek moyangnya adalah penduduk asli Amerika, Senator Elizabeth Warren mempertahankan keputusannya mengambil tes DNA.

''Kewarganegaraan suku sangat berbeda dari leluhur. Suku, dan hanya suku, menentukan kewarganegaraan suku, dan saya menghormati perbedaan itu,'' kata calon presiden tahun 2020 dalam acara kampanye hari Sabtu di Kota Sioux, Iowa, dalam sebuah video.

Sebelumnya, Demokrat Massachusetts telah menyampaikan reaksi terhadap hasil tes DNA yang dirilis pada Oktober yang menunjukkan bukti kuat bahwa ia memiliki leluhur asli Amerika.

Namun, tes genetik membuat marah beberapa anggota Demokrat. Mereka berpendapat bahwa Warren bermain di tangan lawan-lawannya, termasuk Presiden Trump, yang menjulukinya 'Pocahontas'.

Warren sebelumnya juga telah mendaftarkan dirinya sebagai minoritas dalam direktori hukum nasional, dan pengkritiknya mengklaim klasifikasi telah membuatnya terangkat.

Tetapi penyelidikan oleh Boston Globe menemukan bahwa ini bukan faktor ketika ia dipekerjakan sebagai profesor hukum Universitas Harvard atau di tempat lain.

Selama acara kampanye hari Sabtu di Teater Orpheum yang penuh sesak, pertanyaan pertama dari seorang peserta adalah ''Mengapa Anda menjalani tes DNA dan memberi Donald lebih banyak 'bahan' untuk menjadi pengganggu?''

Warren menjelaskan bahwa, tumbuh di Oklahoma, dia selalu diberitahu tentang asal-usul penduduk asli Amerika keluarganya, tetapi klaim tersebut telah digunakan untuk melawannya oleh Partai Republik selama kampanye Senat 2012.

''Jadi keputusan saya adalah, saya hanya akan membiarkannya saja. Butuh beberapa saat, tapi biarkan saja,'' kata Warren.

Berita Terkait

Berita Terkini