Wanita

Jana Kramer Tidak Menyusui Bayinya Setelah Satu Bulan, Ini Alasannya

Pada umumnya durasi menyusui akan berlangsung selama 1 hingga 2 tahun

Vika Widiastuti | Yuliana Sere

Jana Kramer. (Instagram/kramergirl)
Jana Kramer. (Instagram/kramergirl)

Himedik.com - Sebenarnya tidak ada patokan durasi menyusui. Namun, pada umumnya, lama waktu menyusui berkisar antara satu hingga dua tahun.

Hal itu berbeda dengan kisah Jana Kramer, seorang penyanyi Country, asal Amerika. Bulan lalu, ia menyambut putranya Jace ke dunia dan saat ini ia bersama sang suami, Mike Caussin tengah berada dalam suasana gembira.

Ibu dua anak ini ternyata memiliki masalah saat menyusui. Menyusui selalu menjadi perjuangan serius baginya.

Itulah sebabnya ia sudah berhenti menyusui Jace saat buah hatinya baru berusia empat minggu, seperti melansir dari popsugar.

"Orang-orang bertanya apakah saya menyusui? Jika kamu tidak menyusui, kamu merasa malu. Saya berusaha sangat keras untuk yang kedua kalinya karena saya tidak ingin dipermalukan lagi," katanya.

Jana Kramer.  (Instagram/kramergirl)
Jana Kramer. (Instagram/kramergirl)

"Saya punya dua teman perempuan di rumah, mereka mencoba mengeluarkan air susu dari payudara saya, dan saya seperti, menangis,' ungkapnya.

Dan Michael berkata, "Mengapa kamu melakukan ini?" Dan saya berkata, "Karena semua orang memberi tahu saya apa yang harus saya lakukan," katanya. 

Jana menjelaskan bahwa setelah meminta bantuan dari teman-temannya, dia tahu sudah waktunya berhenti.

"Teman-teman perempuan saya menekan payudaraku dan mencoba mengeluarkan susu," ungkapnya.

"Jadi saya seperti, 'Oke. Saya berhenti. Saya sudah selesai," dia melanjutkan.

Sayang, Jana tidak secara detail menjelaskan masalah apa yang dia alami saat menyusui. Sejak Jace beralih ke susu formula, beberapa bulan kemudian dirinya merasa lebih ringan.

"Sebagai suami, kita tidak merasa tidak berdaya. Kita bisa makan. Kita bisa melakukan lebih banyak daripada hanya mengatakan, 'Oke, kamu harus memberinya makan lagi" ungkap Michael.

Berita Terkait

Berita Terkini