Wanita

Sederet Dampak Negatif Merokok, Mulai dari Keriput hingga Payudara Kendur

Tak hanya pria, wanita juga banyak yang gemar merokok. Efeknya ke payudara lho...

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi merokok. (pixabay/saibo)
Ilustrasi merokok. (pixabay/saibo)

Himedik.com - Banyak cara jitu untuk membuat dirimu terlihat lebih tua, salah satunya adalah merokok. Tak hanya mengubah tampilan kulit, gigi, dan rambut, merokok juga akan memengaruhi segalanya, mulai dari kesuburan hingga kesehatan jantung, paru-paru, dan tulang.

Dilansir dari WebMD, menurut Bahman Guyuron, MD, dari Case Western Reserve University, kantung mata dan kerutan di bawah mata merupakan salah satu tanda khas perokok. Ini karena merokok secara kronis membuat kulit kekurangan oksigen dan nutrisi.

Jadi beberapa perokok terlihat pucat, sementara yang lain mengembangkan pewarnaan yang tidak merata. Menurut ahli kulit Jonette Keri, MD, dari Fakultas Kedokteran Universitas Miami Miller, perubahan tersebut dapat dimulai pada usia muda.

"Pada remaja yang tidak merokok, kita biasanya tidak melihat banyak warna kulit yang tidak rata, tapi ini berkembang lebih cepat pada orang yang merokok," jelasnya.

Ada lebih dari 4.000 bahan kimia dalam asap tembakau, dan banyak dari mereka memicu kerusakan kolagen dan elastin. Ini adalah serat yang memberi kekuatan dan elastisitas pada kulit.

"Merokok atau bahkan berada di sekitar asap rokok dapat merusak lapisan-lapisan pembangun kulit," kata Keri.

Konsekuensinya termasuk kulit kendur dan kerutan yang lebih dalam. Ketika kulit kehilangan elastisitasnya, bagian-bagian yang tadinya kokoh mungkin mulai mengendur termasuk lengan dan payudara.

Bahkan para peneliti sepakat bahwa merokok merupakan penyebab utama payudara kendur.

"Perokok menggunakan otot-otot tertentu di sekitar bibir mereka yang menyebabkan mereka memiliki kerutan," kata Keri.

"Ditambah kehilangan elastisitas, bersama-sama, faktor-faktor ini dapat menyebabkan garis-garis dalam di sekitar bibir."

Dampak lainnya adalah gigi kuning dan rusak, tetapi kerusakan gigi tidak berhenti di situ. Orang yang merokok cenderung mengalami penyakit gusi, bau mulut yang tak kunjung hilang, dan masalah kebersihan mulut lainnya.

Dibandingkan manfaatnya, banyak sekali kerugian yang diberikan rokok untuk tubuhmu. Jadi, apa masih mau merokok dan mendapatkan semua kerugian di atas? Think twice, ya!

Berita Terkait

Berita Terkini