Wanita

Gigi Wu Si 'Bikini Climber' Tewas karena Hipotermia Seusai Jatuh ke Jurang

Wu (36) sempat menghubungi temannya dan mengatakan, dirinya jatuh ke jurang.

Vika Widiastuti

Gigi Wu (Facebook/Gigi Wu)
Gigi Wu (Facebook/Gigi Wu)

Himedik.com - Seorang pendaki wanita yang terkenal karena fotonya berpakaian bikini di atas gunung, meninggal setelah jatuh ke jurang. Wanita bernama Gigi Wu tersebut dijuluki sebagai 'bikini climber'.

Melansir Metro, Selasa (22/1/2019), Wu (36) sempat menggunakan telepon satelit pada Sabtu dan mengatakan, dirinya jatuh ke jurang di Taman Nasional Yushan Taiwan.

Operasi penyelamatan pun diluncurkan, tetapi kondisi cuaca yang buruk membuat petugas kesulitan hingga Senin petugas menemukannya dalam kondisi tak bernyawa. Tubuhnya membeku. Diberitakan Independent, Wu diduga mengalami hipotermia setelah jatuh jurang.

Juru bicara dinas pemadam kebakaran Lin Cheng-yi mengatakan, pihaknya telah meminta tim penyelamat untuk memindahkan tubuh Wu.

"Kondisi cuaca di pegunungan tidak baik, kami telah meminta penyelamat kami untuk memindahkan tubuhnya ke ruang yang lebih terbuka. Setelah cuaca cerah, kami akan menggunakan helikopter untuk membawa tubuhnya turun," terangnya.

Lin menjelaskan, Wu diperkirakan jatuh hingga 30 meter, tetapi tidak memberikan koordinat ketika dia menghubungi temannya.

Wu yang merupakan warga asli Kota Taipei tersebut telah menjadi terkenal di media sosial karena foto di puncak gunung. Dia biasanya tetap mengenakan pakaian hiking saat mendaki, tetapi berganti pakaian saat tiba di puncak.

Dalam wawancara dengan saluran FTV lokal tahun lalu, dia mengatakan, telah menakklukan 100 lebih puncak gunung dalam empat tahun. "Saya memakai bikin di masing-masing 100 gunung. Saya hanya memiliki sekitar 97 bikini. Jadi saya tidak sengaja mengulanginya beberapa," ujarnya saat itu.

Saat ditanya alasan melakukan hal tersebut, dia mengatakan, karena hal tersebut terlihat indah. "Itu terlihat sangat indah, apa yang tidak disukai?" katanya.

Sementara itu, Lin mengungkapkan, tim penyelamat membutuhkan waktu selama 28 jam untuk mencapai tubuh Wu.

Dilansir dari Mayo Clinic, hipotermia adalah keadaan darurat yang terjadi ketika tubuh kehilangan panas kebih cepat daripada yang bisa menghasilkan panas sehingga menyebabkan suhu tubuh sangat rendah.

Saat suhu tubuh turun, jantung, sistem saraf, dan organ lainnya tidak bisa bekerja secara mormal. Jika tak diobati hipotermia pada akhirnya dapat menyebabkan kegagalan total jantung,  sistem pernapasan, dan akhirnya mati.

Selain itu, orang yang menderita hipotermia karena terpapar cuaca dingin atau air dingin juga rentan terhadap cedera dingin lainnya. Seperti pembekuan jaringan tubuh dan kerusakan serta kematian jaringan akibat gangguan aliran darah.

Berita Terkait

Berita Terkini