Wanita

Rutin Makan Serangga Hidup-hidup Bisa Cegah Penyakit Kanker?

Kata Mercela, ia belajar mengenai manfaat mengonsumsi kumbang hidup dari teman dekatnya.

Vika Widiastuti

Ilustrasi serangga (Pixabay/Simon)
Ilustrasi serangga (Pixabay/Simon)

Himedik.com - Wanita bernama Marcela Iglesias mengaku rutin makan lima kumbang China hidup-hidup. Dia mengklaim hal itu bermanfaat untuk kesehatannya. 

Marcela percaya mengonsumsi kumbang hidup setiap hari merupakan cara terbaik untuk mencegah kanker, mengobati rasa sakit kronis, radang sendi. dan berbagai masalah pencernaan.

Kenapa hidup-hidup? Kata Marcela, kumbang hidup memiliki kandungan yang disebut "coleotoxin" yang diklaim kaya akan manfaat.

Dikutip Suara.com dari Oddity Central, teori tersebut didukung lewat penelitian yang dikeluarkan pada 2011 lalu dan mengatakan bahwa coleotoxin dapat mengurangi pertumbuhan sel tumor hingga lebih dari 70 persen.

Meski penelitian tersebut masih menuai kontroversi, tetapi Iglesias tidak peduli. Ia mengatakan meski misalnya benar serangga tidak dapat mencegah kanker, toh serangga seperti kumbang tetap merupakan sumber protein yang hebat.

Kini, perempuan kelahiran Argentina yang telah tinggal di California selama 20 tahun tersebut tengaj mengembang biakkan kumbang China di rumahnya sendiri.

Kumbang dipelihara dalam sebuah wadah kecil, dan hanya diberi potongan roti, gandum, atau selada setiap hari.

Kata Mercela, ia belajar mengenai manfaat mengonsumsi kumbang hidup dari teman dekatnya yang telah berjuang melawan kanker stadium akhir.

Teman Marcela menolak melakukan kemoterapi dan beralih mengonsumsi sekitar 40-50 kumbang China hidup hidup setiap hari, samlai akhirnya ia dinyatakan bebas kanker.

Kecoa goreng (Foto:Nandya)
Kecoak goreng, salah satu makanan dari serangga (Dok. Suara.com)

Tapi tentu saja Marcela menelan dosis yang jauh lebih kecil karena ia tidak menderita penyakit apa pun.

"Serangga memiliki banyak manfaat kesehatan, tidak hanya untuk menyembuhkan kanker tetapi juga arthritis, sakit kronis, masalah pencernaan dan banyak lagi - di Asia sangat populer untuk memakan serangga," kata Marcela Iglesias kepada Storytrender.

Mengonsumsi kumbang untuk kesehatan sendiri telah lama populer di negara asal Marcela Iglesias, Argentina.

Meski begitu, studi ilmiah belum dapat mengonfirmasi secara meyakinkan klaim bahwa serangga dapat mencegah atau menyembuhkan kanker. (Suara.com/Risna Halidi)

Berita Terkait

Berita Terkini