Wanita

Implan Payudara Rusak, Wanita Ini Keracunan hingga Kesusahan Menyusui

Dia kira gejala-gejala itu adaptasi tubuh wanita sebagai ibu baru.

Vika Widiastuti | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

Shay McDowall - (Instagram/@shaymcdowall)
Shay McDowall - (Instagram/@shaymcdowall)

Himedik.com - Seorang wanita asal Australia, Shay McDowall (25), mengaku keracunan implan payudara. Ia pun mengalami komplikasi berbagai penyakit.

Ibu dua anak ini mengungkapkan bahwa dirinya menderita sakit dada yang parah, migrain, dan jerawat selama tujuh tahun setelah melakukan operasi implan payudara. Diberitakan New York Post, Selasa (26/2/2019), McDowall menjalani prosedur pembesaran payudara ketika baru berusia 18 tahun untuk meningkatkan kepercayaan dirinya.

Lalu begitu ukuran branya meningkat dari cup C ke cup E, perawat hewan ini mengatakan bahwa dia mulai menderita migrain, penglihatan kabur, nyeri dada yang parah, kelelahan, serta jerawat, dan ruam.

Setelah kelahiran putri pertamanya, Skylah, pada 2014, kesehatan McDowall benar-benar mulai memburuk, tetapi ia menyangka gejala-gejala itu hanyalah cara tubuhnya menyesuaikan diri sebagai ibu.

"Menyusui sangat sulit bagi saya karena sulit untuk mengetahui kapan payudara saya kosong, yang mengakibatkan berbagai episode mastitis," kata McDowall pada Daily Mail Australia.

Keluarga Shay McDowall -  (Instagram/@shaymcdowall)
Keluarga Shay McDowall - (Instagram/@shaymcdowall)

Namun, begitu McDowall berhenti menyusui, rasa sakit dan peradangan di dadanya malah memburuk karena ternyata implannya copot.

Seiring dengan kelelahan kronis, McDowall juga mulai menderita eksim, radang tubuh, sakit sendi, infeksi sinus biasa, dan merasa haus terus-menerus.

"Teman yang merias wajah saya pun kaget melihat warna kuning kulit saya dan betapa parahnya jerawat saya," kata Shay. "Kulitku dulu indah, tak tahu kenapa jadi begitu."

Kini McDowall berusaha meningkatkan kesadaran para wanita agar tak mengalami hal yang serupa dengannya. Apalagi, ibu dua anak itu merasa ngeri ketika tahu implan silikonnya mengeluarkan nanah ketika dia melepasnya awal bulan ini.

"Saya ingin meningkatkan kesadaran agar para wanita lain tidak berakhir seperti saya. Perlu ada penelitian lebih lanjut tentang efek implan payudara," ujar McDowall.

"Kita semua ingin pasang implan karena keangkuhan dan keinginan untuk menjadi cantik. Kemudian kita sakit dan hidup dalam penyangkalan, sementara kita harus bertahan dengan kualitas hidup yang buruk," jelasnya. "Di sisi lain, saya sudah mulai sembuh dan bebas implan."

Berita Terkait

Berita Terkini