Wanita

Di-bully Gendut, Miss Korea 2018 Soo Min Kim Curhat Sampai Menangis

Soo Min Kim menyesal ikut kontes kecantikan.

Vika Widiastuti | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

Miss Korea 2018 Soo Min Kim - (Instagram/@sookim1001)
Miss Korea 2018 Soo Min Kim - (Instagram/@sookim1001)

Himedik.com - Miss Korea 2018 Soo Min Kim dibanjiri ujaran kebencian dari netizen begitu ia dianugerahi kemenangan dalam kontes kecantikan Korea Selatan ke-62. Menurut netizen, Soo Min Kim terlalu gendut untuk menjadi perwakilan Korea Selatan.

Wanita berusia 23 tahun itu pun, dikutip HiMedik.com dari Next Shark, Minggu (25/3/2019), terpaksa menutup akun Instagram-nya untuk sementara.

Dengan berat 58 kilogram dan tinggi 174 sentimeter, Soo Min Kim dianggap gemuk dan kelebihan berat badan oleh netizen, yang mem-bully sang ratu kecantikan lewat berbagai komentar negatif di Instagram.

So Min Kim kemudian curhat soal rundungan dari netizen itu dalam sebuah wawancara dengan Asian Boss pada Juli 2018.

Dia menyatakan, budaya kecantikan Korea telah memengaruhi banyak orang untuk memercayai bahwa wanita mana pun, terlepas dari tinggi badannya, dianggap terlalu gendut jika berat badannya melebihi 50 kilogram.

"Saya pribadi merasa foto-foto yang banyak diedit di media sosial sepertinya benar-benar berpengaruh," jelas Soo Min Kim. "Kita melihat selebritas memamerkan berat badan mereka, mereka mengatakan 'Berat saya segini' dan mereka terlihat sangat cantik. Kita secara tidak sadar mulai berpikir, ini adalah berat badan ideal dan tubuh ideal. Saya melihat banyak gadis yang berusaha keras untuk menurunkan berat badan meskipun mereka tidak harus melakukannya."

Soo Min Kim pun menangis saat ditanya soal perasaan orang tuanya ketika ia dihujani komentar negatif. Dirinya merasa sangat bersalah pada orang tuanya atas segala ungkapan negatif yang dilontarkan padanya.

"Itulah saat yang paling saya sesalkan, berpartisipasi dalam kontes kecantikan ini,” ungkapnya.

Di akhir wawancara, Soo Min Kim membagikan pesan kepada para wanita yang mendukungnya.

"Saya berharap, ketika berada di panggung dan di layar kaca, saya bisa membuat gadis-gadis muda berpikir bahwa mereka tidak gemuk sama sekali dengan berat badan ini," kata Soo Min Kim.

"Saya berharap itu juga bisa memotivasi gadis-gadis muda lainnya untuk percaya diri akan tubuh mereka sendiri dan menerima penampilan mereka. Saya ingin menetapkan itu sebagai standar sehat di atas panggung demi kepercayaan diri yang lebih baik terhadap tubuh," tambahnya.

Berita Terkait

Berita Terkini