Wanita

Peneliti Ungkap Tinggal Bersama Mertua Buat Wanita Berisiko Sakit Jantung!

Tinggal bersama mertua setelah menikah membuat wanita 3 kali lipat berisiko penyakit jantung.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Wanita yang tinggal bersama mertuanya akan berisiko tinggi terserang penyakit jantung (Suara.com/Shutterstock)
Wanita yang tinggal bersama mertuanya akan berisiko tinggi terserang penyakit jantung (Suara.com/Shutterstock)

Himedik.com - Beberapa orang masih memilih tinggal bersama orang tua maupun mertua setelah menikah dengan berbagai alasannya. Padahal tinggal bersama mertua justru membuat wanita memiliki banyak masalah kesehatan dan berisiko tinggi menderita penyakit jantung.

Menurut penelitian, tinggal di rumah mertua atau orang tua bersama anak-anak dan suami hanya akan membuat wanita tiga kali lipat lebih berisiko terserang penyakit jantung.

Para ilmuwan dilansir dari telegraph.co.uk percaya bahwa wanita yang hidup satu rumah dengan mertuanya akan mengalami banyak tekanan dalam kesehariannya sebagai istri, ibu sekaligus menantu.

Begitu pula jika para wanita memutuskan tinggal di rumah orang tuanya bersama suami dan anak-anaknya, mereka memiliki risiko terserang penyakit jantung dua kali lipat dari lainnya yang tinggal di rumah sendiri bersama suami.

Penelitian ini telah dibuktikan oleh sebanyak 91 ribu pria dan wanita paruh baya selama 14 tahun.

Ilustrasi serangan jantung - (Shutterstock)
Ilustrasi serangan jantung - (Shutterstock)

Hasil penelitian menunjukkan mereka para wanita yang tinggal bersama mertua atau orang tua setelah menikah lebih banyak memiliki masalah dan meninggal akibat penyakit jantung.

Karena itu, para peneliti menarik kesimpulan bahwa keluarga dan situasi rumah memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap kesehatan seseorang, khususnya dalam hal ini wanita yang berisiko penyakit jantung.

Profesor Hiroyasu Iso dari Universitas Osaka Jepang yang memimpin penelitian ini pun mengatakan, tingginya risiko penyakit jantung yang diderita wanita tersebut karena tekanan dan stres mengurus rumah tangga dan perannya.

Sebab, wanita tersebut harus handal betul menjalankan tiga perannya sekaligus sebagai istri, ibu, dan menantu di satu rumah setiap harinya.

Sehingga para ilmuwan pun menyarankan lebih baik setiap pasangan yang baru menikah segera tinggal di rumah sendiri daripada tinggal bersama mertua atau orang tua karena hanya menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Bahkan data di Inggris menunjukkan setidaknya 94 ribu orang telah meninggal dan 2,5 juta orang menderita penyakit jantung akibat tinggal bersama mertua atau orang tua.

Berita Terkait

Berita Terkini