Wanita

Mak Nyak Si Doel Sering Maag, Ternyata Durian Kesukaannya Picu Asam Lambung

Aminah Cendrakasih alias Mak Nyak Si Doel masih suka makan durian meski punya penyakit maag, padahal buah tersebut bisa membuat asam lambungnya naik.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Kondisi Aminah Cendrakasih alias Mak Nyak Si Doel sekarang (Suara.com/Wahyu Tri Laksono)
Kondisi Aminah Cendrakasih alias Mak Nyak Si Doel sekarang (Suara.com/Wahyu Tri Laksono)

Himedik.com - Aminah Cendrakasih alias Mak Nyak Si Doel masih sering mengonsumsi durian di usia 81 tahun. Meskipun sesekali Mak Nyak suka mengeluh maag yang dideritanya kambung karena asam lambung naik.

Mak Nyak mengatakan tak menderita penyakit serius apapun di usinya yang sudah renta. Karena itu, ia bebas mengonsumsi durian dan daging kambing sesuka hatinya.

Kondisinya yang lemah sekarang ini hanya karena sudah tua. Tetapi, ia tidak memiliki pantangan makan apapun yang dianggap membahayakan kondisinya.

"Sekarang sakit tua saja, pada pegel. Tapi badan nggak apa-apa," kata Mak Nyak di kediamannya di kawasan Pinang, Tangerang, Selasa (28/5/2019) malam.

Meski begitu Mak Nyak mengaku sesekali tetap mengeluhkan sakit perut karena penyakit maag yang dideritanya sering kambuh.

"Yah biasa aja, paling lambungnya sakit. Tapi Mak Nyak mah nggak yang parah-parah banget, biasa aja. Aku cuma minum obat dari dulu sih," sambungnya lagi.

Ilustrasi durian (Shutterstock)
Ilustrasi durian (Shutterstock)

 

Melansir dari hellosehat.com, ternyata durian yang dianggap mampu meningkatkan energi dapat menimbulkan masalah kesehatan jika dikonsumsi berlebihan.

Salah satunya, masalah pencernaan yang bisa muncul karena konsumsi durian berlebihan. Karena kandungan seratnya yang tinggi bisa menyebabkan perut kembung dan bersendawa pada orang sensitif.

Natali Goh, konsultan diet di Peaches & Pear Nutrition Consultancy dilansir dari menshealth.com juga mengatakan hal serupa. Durian yang tinggi serat dan antioksidan bisa membuat perut panas dan perih.

Selain itu, durian juga mengandung lemak dan kalori tinggi dibandingkan buah lainnya. Kandungan lemak tinggi itu yang membuat indeks glikemik pada durian lebih rendah.

Karena itu, seseorang dengan masalah pencernaan disarankan untuk mengurangi konsumsi durian terlalu banyak karena bisa memengaruhi asam lambung.

Apalagi jika kita minum kopi setelah mengonsumsi durian. Hal ini tentu sangat membahayakan untuk kondisi pencernaan kita.

Melansir dari thealthbenefitsof.com, Kopi adalah minuman yang bisa meningkatkan tekanan darah. Mencampur kopi dengan durian dapat menyebabkan komplikasi.

Durian juga tidak boleh dicampur dengan soda karena jika itu sering dilakukan membuat seseorang terkena gangguan pencernaan.

Masalah pencernaan yang terjadi dalam jangka panjang akan membuat usus dan lambung terasa sakit bahkan berlubang. Usus dan rongga perut dapat menyebabkan kematian.

Berita Terkait

Berita Terkini