Wanita

Wanita dengan PCOS Bisa Hamil Alami, Coba Makan Setiap 15 Menit Sekali!

Wanita dengan PCOS bisa hamil secara alami dengan mengatur pola makan seperti yang disarankan ahli.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni

ilustrasi ibu hamil - (Unsplash/Pablo Heimplatz)
ilustrasi ibu hamil - (Unsplash/Pablo Heimplatz)

Himedik.com - Sindrom ovarium polikistik (PCOS) adalah masalah ketidakseimbangan hormon yang terjadi pada wanita pada usia subur. Bagaimanapun, masalah kesuburan selalu menjadi kegundahan wanita yang menginginkan seorang keturunan.

PCOS membuat wanita lebih susah hamil akibat ketidakseimbangan hormon yang mencegah ovulasi. Selain itu, seseorang mungkin akan mengalami menstruasi tidak teratur, menstruasi jarang terjadi atau berlangsung lama, kenaikan berat badan ekstrem, perubahan suasana hati, jerawat hingga pertumbuhan rambut di wajah.

Namun seorang ahli gizi dari Manchester, Norah Cozens, mengungkapkan masih ada harapan. Dilansir dari mirror.co.uk, dia mengklaim pola makan yang sesuai mungkin akan memengaruhi kesuburan wanita.

Cozens menganjurkan wanita dengan masalah kesuburan untuk makan sebanyak 4 kali dalam satu jam. Artinya, mereka harus mengemil sesuatu setiap 15 menit.

Saran Cozens memang terdengar aneh. Walau begitu, ia telah menganalisa bahwa konsumsi makanan (termasuk makanan ringan) setiap 15 menit sekali dapat meningkatkan metabolisme tubuh yang akhirnya membantu memperbaiki hormon.

"Saya menemukan bahwa dengan konsumsi makanan sehat dan bergizi sekalipun makanan ringan setiap 15 menit dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan menurunkan berat badan. Hal ini dapat membantu menyeimbangkan hormon dan mengatur menstruasi. Sehingga wanita bisa hamil secara alami," kata dia menjelaskan.

Ilustrasi ibu hamil makan ikan [shutterstock]
Ilustrasi ibu hamil makan ikan [shutterstock]

Menurut Cozens, wanita dengan PCOS mempunyai serangkaian tantangan lain dalam menurunkan berat badan dan meningkatkan kesuburan.

Sebagian besar wanita dengan PCOS resisten terhadap insulin, yakni hormon yang dibuat pankreas untuk mengolah gula dalam makanan sebagai sumber energi. Dengan begitu, mereka dapat memproduksi lebih banyak untuk mengimbanginya.

Di sisi lain, kelebihan insulin bisa menyebabkan metabolisme lambat sehingga berat badan mudah naik dan sulit menurunkannya. Sebab, seseorang lebih sensitif karbohidrat. Hal ini juga bisa meningkatkan kadar hormon testosteron pria sehingga memicu tumbuhnya jerawat.

Ilustrasi ibu hamil (Unplash/@fomaolea)
Ilustrasi ibu hamil (Unplash/@fomaolea)

Oleh karena itu, Cozens menyarakan wanita dalam kondisi PCOS untuk diet rendah gula dan karbohidrat putih yang menyebabkan lonjakan insulin, serta perbanyak protein untuk mengontrol gula darah.

Salah satu kunci keberhasilan dari upaya ini dengan konsumsi makanan sesering mungkin walau dalam jumlah sedikit.

"Makan setiap 15 menit sekali membantu metabolisme anda kembali normal dalam waktu 4x1 jam. Itu karena anda terus membakar lemak," katanya.

Saat berat badan turun dan kadar tertosteron berkurang, hormon lalu kembali normal lalu mengatur periode menstruasi dengan lebih baik.

Berita Terkait

Berita Terkini