Wanita

Telan Tulang Ayam Tanpa Dikunyah, Wanita Tua Nyaris Lumpuh karena Infeksi

Seorang wanita tua nyaris lumpuh setelah menelan tulang ayam tanpa dikunyah yang mengakibatkan infeksi.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni

Bahaya menelan tulang ayam (Pixabay/Robert-Owen-Wahl)
Bahaya menelan tulang ayam (Pixabay/Robert-Owen-Wahl)

Himedik.com - Banyak masyarakat China percaya bahwa tulang ayam sumber kalsium terbaik. Begitu pula dengan wanita bernama Yan Ayi (69) yang mencoba makan tulang ayam untuk meningkatkan kalsium dalam tubuhnya.

Wanita paruh baya asal China itu, dilansir dari Zhejiang Online, justru membawa dirinya pada kesialan dengan menelan tulang ayam tanpa mengunyahnya.

Awalnya, Yan Ayi datang ke Festival Musim Semi. Pada acara tersebut, dua mengonsumsi banyak makanan, salah satunya ayam.

Ia pun menyisihkan beberapa tulang ayam untuk dibawa pulang. Malam harinya, ia mengambil sepotong kecil tulang ayam tadi dan menelannya langsung tanpa dikunyah sama sekali.

Yan Ayi seketika merasa tulang ayam yang dilahapnya tersangkut di tenggorokan. Ia kemudian langsung minum air dan berpikir bahwa tulang ayam itu akan turun perlahan.

Ilustrasi tulang ayam. (Pixabay/achirathep)
Ilustrasi tulang ayam. (Pixabay/achirathep)

Sayangnya, tulang ayam itu terus tersangkut di tenggorokannya sampai tiga hari. Yan Ayi baru memutuskan ke dokter setelahnya.

Setelah dokter berhasil mengambil tulang ayam yang tersangkut, Yan Ayi merasa tenggorokannya lebih lega. Namun, dirinya tetap merasa tidak enak saat makan.

Selang 1-2 hari, Yan Ayi mendadak demam tinggi hingga 39,6 derajat. Ia juga merasa sakit di bagian belakang lehernya saat menundukkan kepala dan kesulitan menelan makanan.

Namun, Yan Ayi baru memutuskan pergi ke rumah sakit Universitas Zheijiang selang satu bulan kemudian. Profesor Zhao Fengdong, kepala dokter ortopedi yang menangani Yen Ayi pun menemukan fakta mengejutkan.

Berdasarkan hasil pemindaian, tulang belakang leher Yan Ayi mengalami infeksi supuratif veterba serviks. Parahnya lagi, setengah bagian sumsum tulang belakang Yan Ayi diketahui berisi nanah.

Ilustrasi dirawat di rumah sakit (Unplash/rawpixel)
Ilustrasi dirawat di rumah sakit (Unplash/rawpixel)

Menurut dokter, infeksi tulang belakang leher Yan Ayi disebabkan tulang ayam yang tersangkut di lehernya selama berhari-hari. Tulang ayam itu rupanya telah menusuk bagian esofagus.

Tim medis pun segera melakukan pembedahan pada Yan Ayi untuk mencegah penyebaran infeksi ke saraf lain dan kelumpuhan.

Beruntungnya, penanganan yang tepat dan cepat mampu memulihkan kondisi Yan Ayi hingga menjadi kembali normal. Padahal Yan Ayi nyaris saja lumpuh akibat infeksi di tulang belakang.

Akibat kasus Yan Ayi, dokter pun menghimbau agar tidak ada lagi orang yang coba-coba menelan tulang ayam tanpa dikunyah sama sekali.

Berita Terkait

Berita Terkini