Wanita

Viral Seorang Gadis Nekat Minum Sampo, Apa Bahayanya?

Menurut pengunggah, gadis itu sedang putus cinta.

Vika Widiastuti

Viral gadis nekat minum sampo. (Facebook.com/Viralkan Ajer)
Viral gadis nekat minum sampo. (Facebook.com/Viralkan Ajer)

Himedik.com - Beberapa waktu lalu, seorang wanita viral lantaran videnya makan sabun. Kini seorang gadis nekat minum sampo hingga videonya pun heboh di media sosial. 

Foto-foto tersebut diunggah oleh akun Facebook Viralkan Ajer, Rabu (26/6/2019) dan videonya diunggah akun Facebook Almira, Rabu (3/7/219).

Belum diketahui secara pasti penyebab gadis tersebut nekat minum sampo. Namun menurut akun Facebook Viralkan Ajer, gadis itu sedang putus cinta.

"Kerana putus cinta.. sanggup dia minum shampoo. Kesian betul (emoji)," tulisnya.

Gadis itu pun sempat menangis sebelum akhirnya nekat meminum sampo dari botol yang dipegangnya. Di akhir video, tampak mulut gadis itu penuh dengan busa.

Sontak foto-foto dan video tersebut langsung menyedot perhatian warganet. Bahkan unggahan Viralkan Ajer itu hingga berita ini diturunkan telah dibagikan sebanyak 6 ribu kali dan mendapatkan lebih dari 1 ribu komentar.

Lalu, bagaimana sebenarnya efek minum sampo untuk tubuh. Melansir cheatsheet, terlalu banyak menelan sampo bisa menyebabkan masalah gastrointestinal, seperti diare dan muntah.

 

Namun, tingkat keparahan

Viral gadis nekat minum sampo. (Facebook.com/Viralkan Ajer)
Viral gadis nekat minum sampo. (Facebook.com/Viralkan Ajer)

nya tergantung pada beberapa faktor. Saat tak diobati, dehidrasi yang diakibatkan oleh hal ini bisa mengancam jiwa.

Sementara itu, menurut medicalnewstoday, keracunan sabun atau sampo (termasuk menalan dan menghirup) tergantung pada produk dan berapa banyak yang telah ditelan atau dihirup.

Beberapa gejala yang timbul bisanya, sulit bernapas, pembengkakan tenggorokan, bibir, dan lidah, kehilangan penglihatan (jika produk mengenai mata), gejala gastrointestinal (termasuk muntah berulang kali atau disertai dengan darah), sakit perut parah, dan tekanan darah rendah.

Lalu kapan sebaiknya mengunjugi dokter? Segera memeriksakan diri ke dokter setelah menelan, baik secara sengaja maupun tidak seteguk sabun atau sampo atau saat Anda mengalami gejala keracunan.

Namun, jika seseorang hanya mengonsumsi sedikit sabun atau sampo, mereka harus minum beberapa teguk air dan lihat apakah ada gejala yang muncul.

Selain itu, jika seseorang telah mengonsumsi sabun pembersih, ia harus segera mendapatkan perhatian medis.

Saat mengalami keracunan sabun atau sampo, orang akan mendapatkan penanganan menggunakan tabung pernapasan, obat pereda nyeri, pemeriksaan paru-paru dan saluran udara, pemeriksaan pipa makanan dan perut.

Keracunan sabun atau sampo bisa sangat memengaruhi kesehatan. Jadi penting untuk mendapatkan perawatan segera untuk mencegah komplikasi parah, termasuk kerusakan otak, kerusakan organ, atau kematian jaringan.

Berita Terkait

Berita Terkini