Wanita

Sempat Serangan Jantung dan Kritis, Ade Irawan Diminta Sering Berjemur!

Ade Irawan diminta sering berjemur matahari setelah beberapa hari lalu kritis karena serangan jantung ringan.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Artis senior Ade Irawan (Suara.com/Instagram)
Artis senior Ade Irawan (Suara.com/Instagram)

Himedik.com - Artis senior Ade Irawan kini tengah menderita penyakit jantung. Ia pun diminta harus sering berjemur matahari pagi setelah beberapa hari lalu sempat dikabarkan kritis.

Sebelumnya Dewi Irawan, anak dari Ade Irawan mengatakan ibunya sudah lama menderita sakit jantung dan kini kondisi sudah membaik. Meskipun Ade Irawan membutuhkan bantuan kursi roda untuk aktivitas.

"Sekarang di rumah aja. Pakai kursi roda. Karena kemarin-kemarin tiduran aja jadinya lagi rehab, belajar berdiri, ke kamar mandi juga harus dibantu," kata Dewi Irawan.

Ia juga mengungkapkan ibunya yang sudah berusia 82 tahun itu diminta untuk sering berjemur matahari pagi demi menjaga kesehatan jantungnya.

"Mungkin karena dia semakin tua gitu, dia semakin tua menghabiskan waktu di depan TV di kamar, sudah gitu nggak pernah berjemur. Kalau jalan juga kita ke mal, nonton bioskop jadi selalu ruangannya tertutup. Karena itu katanya harus banyak berjemur, kena matahari," kata Dewi Irawan.

Ilustrasi. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi berjemur matahari pagi. (Sumber: Shutterstock)

 

Ternyata berjemur dapat meningkatkan efisiensi jantung. Dokter Richard Weller dilansir dari Bioscape Digital, mengatakan berjemur sinar matahari pagi ada korelasinya dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular.

Studi menunjukkan bahwa orang yang memiliki kadar vitamin D tinggi dalam darah berisiko lebih rendah terkena penyakit jantung dan kanker.

Ketika sinar ultraviolet-A bersentuhan dengan kulit, nitrat oksida akan dilepaskan ke dalam sirkulasi darah.

Lalu, ketika nitris oksida dilepaskan ke tubuh, pembuluh koroner dan pembuluh darah kita akan menurunkan tekanan darah serta meningkatkan aliran darah ke jantung.

Penelitian dari Universitas Southampton dan Edinburgh di Inggris dilansir dari Medical News Today juga telah membuktikan bahwa paparan sinar matahari dapat membantu mengurangi tekanan darah yang juga menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Karena, paparan sinar matahari pada kulit dapat mengurangi tekanan darah dengan mengurangi kadar molekul kurir kecil dan nitric oxide (NO) di kulit dan darah.

Berita Terkait

Berita Terkini