Wanita

Psikolog Menduga Barbie Kumalasari Idap Mythomania, Ternyata Begini Cirinya

Psikolog menduga Barbie Kumalasari mengidap mythomania karena senang berbohong dan sebut ciri-cirinya.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Galih Ginanjar dan Barbie Kumalasari. (Suara.com/Ismail)
Galih Ginanjar dan Barbie Kumalasari. (Suara.com/Ismail)

Himedik.com - Di tengah ramainya kasus ikan asin, kebohongan Barbie Kumalasari turut menjadi sorotan. Apalagi setelah muncul kabar psikolog yang menduga Barbie Kumalasari mengidap gangguan mythomania.

Hal ini bermula dari Barbie Kumalasari yang mengakui pemilik Rumah Puisi adalah ayah angkat hingga memiliki investasi toko berlian.

Made Putrawan atau biasa disapa Mr Puisi, pemilik Rumah Puisi sempat menegaskan bahwa rumahnya itu pernah dipinjamkan ke Galih Ginanjar untuk keperluan syuting.

Pihaknya juga membantah bahwa Barbie Kumalasari bukan anak angkatnya. Bahkan ia juga mengklarifikasi hal tersebut melalui Instagramnya.

"Saya kan kenal Galih. Ia mau pinjam rumah itu buat syuting, saya pikir ya sudah dari pada rumah kosong kasih saja pinjam. Sudah saja mereka syuting. Anak angkat yang sering ada di televisi itu sebetulnya mudahlah, nggak mungkin anak angkat setua itu, nggak mungkin," kata Made Putrawan dikutip dari Matamata.com (17/07).

Pernyataan Made Putrawan itulah yang membuat publik berpikir bahwa Barbie Kumalasari sudah berusaha berbohong dan selalu mengelak tentang fakta sesungguhnya.

Ramainya pemberitaan tentang kebohongan Barbie Kumalasari, lantas istri Galih Ginanjar ini diduga mengalami sebuah gangguan psikologis yang disebut mythomania.

Barbie Kumalasari bersama tim kuasa hukumnya mendatangi Polda Metro Jaya, Kamis (11/7). [Suara.com/Muhaimin A Untung]
Barbie Kumalasari bersama tim kuasa hukumnya mendatangi Polda Metro Jaya, Kamis (11/7). [Suara.com/Muhaimin A Untung]

 

Joice Manurung, seorang pakar psikologis pun akhirnya angkat bicara mengenai dugaan bahwa Barbie Kumalasari memiliki mythomania.

Perlu diketahui Mythomania adalah sebuah kebiasaan berbohong demi mendapat pengakuan. Joice lantas menjabarkan ciri-ciri orang yang mengalami gangguan psikologis mythomania.

"Ciri-cirinya itu dia sering bercerita hal-hal yang bukan milik dia atau dia dekat sama orang terkenal terus dia bilang itu saudara saya. Terus dia punya kepemilikan investasi barang atau poperti yang bukan milik dia," kata Joice Manurung dalam acara Pagi Pagi Pasti Happy Trans TV (19/07).

Menurutnya, seseorang sengaja melakukan itu demi mendapatkan pengakuan dari orang di sekitarnya. Kebohongan-kebohan itu pun diciptakan berdasarkan fantasinya yang digunakan untuk meyakinkan orang lain.

Meski begitu, Joice mengatakan untuk mengetahui seseorang memiliki mythomania harus melalui sebuah tes psikologis, survey dan lainnya.

Selama belum ada tes khusus, ciri-ciri tersebut hanya sebuah dugaan bahwa orang tersebut mengalami mythomania.

Berita Terkait

Berita Terkini