Wanita

Psoriasis Seperti yang Pernah Dialami Indadari, Makanan Ini Perlu Dihindari

Agar tak semakin parah, berikut makanan yang perlu dihindari penderita psoriasis.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Indadari, mantan istri Caisar YKS (Suara.com/Ismail)
Indadari, mantan istri Caisar YKS (Suara.com/Ismail)

Himedik.com - Mantan istri Caisar "YKS", Indadari Midrayanti pernah dikabarkan mengalami penyakit kulit langka psoriasis pada 2017 silam. Hal ini membuat kulitnya terkelupas, kering, menebal, dan bersisik. 

Indadari mulai menderita penyakit kulit langka itu ketika hamil anak pertamanya dari pernikahannya dengan Lucky Hakim. Saat itu Indadari mengatakan penyakit kulitnya seperti cacar.

Melansir dari Healthline, tidak ada penyebab jelas yang menyebabkan seseorang menderita penyakit kulit psoriasis. Tetapi, biasanya faktor paling umum karena genetika dan sistem kekebalan tubuh.

Ketika Anda menderita psoriasis, cara yang paling penting adalah mengurangi efeknya. Karena penyebaran psoriasis bisa disebabkan oleh banyak hal, termasuk cuaca buruk, stres dan makanan tertentu.

Berikut ini daftar makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita psoriasis agar penyakit kulitnya tidak semakin parah dan menyebar.

1. Daging merah dan susu

Baik daging merah dan produk susu, terutama telur, mengandung asam lemak tak jenuh ganda yang disebut asam arakidonat . Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa produk sampingan dari asam arakidonat dapat berperan dalam menciptakan lesi psoriatik.

Ilustrasi seseorang menderita Psoriasis (Shutterstock)
Ilustrasi seseorang menderita Psoriasis (Shutterstock)

2. Makanan olahan

Makanan olahan biasanya mengandung kalori tinggi yang bisa menyebabkan obesitas, sindrom metabolik, dan berbagai kondisi kesehatan kronis. Kondisi tertentu seperti ini menyebabkan peradangan kronis pada tubuh, salah satunya bisa jadi psoriasis.

3. Sayuran nightshades

Salah satu pemicu psoriasis yang paling sering karena konsumsi jenis sayuran nightshades yang mengandung solanin. Sayuran jenis ini termasuk tomat, kentang, terong dan paprika yang diketahui memengaruhi pencernaan pada manusia dan penyebab peradangan.

4. Alkohol

Penyakit psoriasis terkait sistem kekebalan tumbuh. Dalam hal ini alkohol diyakini bisa memicu psoriasis karena berefek buruk pada sistem kekebalan tubuh.

Berita Terkait

Berita Terkini