Wanita

Pentingkah Membersihkan Wajah Sebelum Olahraga? Ini Saran Pakar

Ini saran dari pakar soal membersihkan wajah sebelum olahraga!

Vika Widiastuti

<p><a href=Ilustrasi olahraga (Pixabay/UptownFitness)

">

Himedik.com - Membersihkan wajah secara teratur setiap hari adalah hal yang tak boleh ditinggalkan karena kebiasaan ini akan berdampak pada kesehatan kulit wajah. Namun, bagaimana ketika sebelum olahraga, pentingkah untuk membersihkan wajah?

Melansir Style Caster, membersihkan wajah sebelum olahraga harus tetap dilakukan agar semua kotoran di permukaan wajah tak menyumbat pori ketika wajah kita berkeringat.

"Jika tidak membersihkan wajah sebelum olahraga, maka semua minyak, kotoran dan makeup yang ada di kulit akan menyumbat pori-pori ketika berkeringat," jelas seorang dokter kulit bernama Dennis Gross.

Selanjutnya, Dennis menambahkan kebiasaan menyeka keringat dengan handuk akan membuat semua kotoran semakin masuk ke dalam pori-pori wajah. Hal ini membuat pori-pori semakin membesar dan menimbulkan jerawat.

Agar terhindari dari jerawat, Dennis menyarankan kita untuk menggunakan skincare paling ringan sebelum berolahraga.

Ilustrasi toner untuk membersihkan wajah. (Shutterstock)
Ilustrasi toner untuk membersihkan wajah. (Shutterstock)

"Hindari produk pelembap yang ‘berat’ karena setelah berolahraga, metabolisme tubuh akan meningkat dan secara alami kelenjar minyak akan keluar lebih banyak," jelasnya.

Dennis juga menyarankan untuk tidak memakai krim saat wajah berkeringat karena kondisi kulit belum siap dan tidak stabil pasca olahraga.

Tren olahraga di malam hari. (Shutterstock)
Ilustrasi olahraga. (Shutterstock)

"Jadi, tunggu sampai kulit kembali ke suhu ruang untuk menggunakan pelembap dan makeup," ujar dokter yang berbasis di New York ini. (Suara.com/Rima Suliastini)

Berita Terkait

Berita Terkini