Wanita

Wanita Ini Idap Glaukoma Gara-gara Sering Main Ponsel dalam Kegelapan

Ia dan teman-temannya awalnya setuju untuk selalu bermain bersama setiap malam.

Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah

Ilustrasi bermain gadget sebelum tidur. (pixabay/StockSnap)
Ilustrasi bermain gadget sebelum tidur. (pixabay/StockSnap)

Himedik.com - Seorang wanita dari China menderita glaukoma pada usis 29 tahun akibat kebiasaannya bermain game di kegelapan sebelum tidur. 

Glaukoma merupakan kondisi mata yang melibatkan kerusakan saraf optik, ini biasanya disebabkan oleh tekanan tinggi yang tidak normal pada mata seseorang.

Berdasarkan Mayo Clinic via World of Buzz, ini adalah salah satu penyebab utama kebutaan yang dapat terjadi pada siapapun tanpa memandang usia. Tetapi paling sering ditemukan pada orang di atas 60 tahun.

Melansir Oriental Daily, wanita  tersebut dan teman-temannya setuju untuk selalu bermain bersama setiap malam.

Pada awalnya, wanita itu menetapkan aturan untuk dirinya sendiri bahwa hanya akan memainkan satu pertandingan sebelum tidur, tetapi setiap kali timnya kalah, rekan satu timnya akan meminta untuk bermain lagi di ronde berikutnya.

Sebelum dia menyadarinya hingga larut malam, kadang-kadang sampai jam dua atau tiga pagi.

Ilustrasi: mata merah. (Shutterstock)
Ilustrasi: mata merah. (Shutterstock)

Suatu hari, setelah dia terjaga sampai jam tiga pagi malam sebelumnya, dia bangun di pagi hari dan mendapati dirinya tidak bisa membuka mata karena merasakan sensasi menyengat.

Ia pun mencoba untuk menutup matanya sebentar sebelum membukanya lagi perlahan.

Pengalaman ini membuatnya takut, jadi dia menahan diri dari bermain game selama beberapa hari dan merawat matanya dengan penutup mata uap.

Namun, ia kembali ke kebiasaan buruknya sebelum tidur, meski kali ini ia tidak melakukannya sampai dini hari.

Sayangnya, kerusakan telah terjadi dan ia menemukan mata kanannya telah memerah. Bahkan bagian putih di matanya tidak dapat terlihat.

Ia pun pergi ke dokter dan didiagnosis dengan glaukoma.

Wanita Ini Idap Glaukoma Gara-gara Sering Main Ponsel dalam Kegelapan - 2
ilustrasi sakit mata (Shutterstock)

Zhu, wakil direktur departemen optalmologi rumah sakit pun mengatakan bermain ponsel dalam kegelapan sebelum tidur sangat buruk bagi mata.

Dia menjelaskan, menggunakan ponsel dalam waktu lama di lingkungan yang gelap akan menyebabkan mata lebih rentan terhadap kekeringan, pembengkakan, dan kelelahan.

Ini karena menggunakan ponsel dalam kegelapan membuat otot-otot siliaris (otot di mata yang memungkinkan lensa berubah bentuk untuk fokus) berkontraksi dengan kuat, yang dapat menyebabkan kerusakan pada saraf optik.

Pada saat yang sama, suplai darah ke mata terbatas, menyebabkan tekanan intraokular meningkat, mengakibatkan glaukoma dan bahkan kebutaan.

Berita Terkait

Berita Terkini