Wanita

Shandy Aulia Berencana Olahraga Angkat Beban, Ketahui Manfaatnya!

Shandy Aulia akan melakukan olahraga angkat beban jika kehamilannya sudah berusia 5 bulan.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni

Shandy Aulia (Suara.com/Ismail)
Shandy Aulia (Suara.com/Ismail)

Himedik.com - Pada kehamilan pertama, Shandy Aulia ternyata berniat ingin melakukan olahrga angkat bebas jika kandungannya sudah berusia 5 bulan. Dia sudah mantap meskipun selama ini sering mendapat komentar kurang menyenangkan akibat kebiasaannya pilates selama kehamilan. 

Pasalnya, beberapa pose pilates Shandy Aulia dianggap mengerikan dan membahayakan janin. Walau begitu, Shandy menjelaskan bahwa olahraganya justru baik untuk kehamilan selama diawasi oleh pelatih yang berpengalaman.

"Sebenarnya preganancy work out itu macam-macam, swimming bisa, yoga bisa, pilates bisa, jalan juga bisa," ujar Shandy Aulia dalam channel Youtube Ussy Sulistiawaty.

"Bahkan gue pernah lihat orang hamil angkat beban juga iya," sambung Ussy Sulistiawaty.

Selain pilates, Shandy Aulia juga berencana melakukan olahraga angkat beban saat kehamilannya sudah di atas lima bulan. Rencana olahraga Shandy Aulia pun sempat membuat Ussy terkejut.

"Nah, olahraga itu lima bulan ke atas. Mungkin aku bakal lakukan itu setelah kehamilan lima bulan ke atas, sih," kata Shandy Aulia.

Shandy Aulia sharing manfaat pilates selama hamil (Instagram/@shandyaulia)
Shandy Aulia sharing manfaat pilates selama hamil (Instagram/@shandyaulia)

Anda mungkin penasaran apakah olahraga angkat beban aman bagi ibu hamil atau tidak? Melansir dari Baby Center, latihan beban rupanya bukan cuma untuk profesional maupun binaragawan, ibu hamil juga tak ada salahnya melakukan olahraga ini.

Latihan beban dapat membantu meningkatkan stamina ibu hamil yang dibutuhkan selama persalinan nantinya. Latihan kekuatan sepanjang kehamilan ini juga bisa membantu Anda menjaga kenaikan berat badan dalam kisaran sehat.

Menurut beberapa penelitian, latihan beban ini dapat membantu wanita dengan diabetes gestasional mengelola kondisi mereka. Satu studi juga menunjukkan bahwa pelatihan resistensi bisa mengurangi kebutuhan akan terapi insulin dan mengurangi risiko makrosomia.

Shandy Aulia latihan pilates (Instagram/Shandy Aulia)
Shandy Aulia latihan pilates (Instagram/Shandy Aulia)

Oleh karena itu, tidak ada salahnya seorang ibu hamil melakukan olahraga angkat beban seperti yang direncakan Shandy Aulia. Syaratnya, tentu asalkan latihan beban pada ibu hamil dilakukan sesuai aturan, yakni:

  1. Periksa kondisi kehamilan sebelum melakukan latihan beban
  2. Gunakan teknik pengangkatan yang benar
  3. Hindari latihan beban sambil terlentang
  4. Gunakan teknik pernapasan yang tepat
  5. Sesuaikan rutinitas latihan kekuatan Anda sesuai kebutuhan
  6. Istirahat di antara latihan beban
  7. Jangan memaksakan kondisi tubuh jika sudah kelelahan

Bagaimana? Adakah yang merasa terinspirasi dengan gaya olahraga ibu hamil ala Shandy Aulia?

Berita Terkait

Berita Terkini