Wanita

Selain Cegah Preeklamsia, Ini 4 Manfaat lain Cokelat bagi Ibu Hamil!

Cokelat pun bisa membantu menurunkan tingkat stres pada ibu hamil.

Vika Widiastuti

Ilustrasi makan cokelat. (Pixabay/aleksandra85foto)
Ilustrasi makan cokelat. (Pixabay/aleksandra85foto)

Himedik.com - Ibu hamil bisa ngidap beraneka hal. Mulai yang biasa hingga yang kurang lumrah. Salah satu makanan yang diidamkan oleh ibu hamil asalah cokelat

Dilansir dari timesofindia, studi mengatakan, ngidam cokelat bisa jadi membuat bayi lebih sehat. Ternyata hal ini bisa mengurangi risiko preeklamsia dan meningkatkan fungsi plasenta.

Selain itu, penelitian juga mengungkapkan lebih banyak alasan mengapa ibu hamil tak perlu merasa bersalah setelah mengonsumsi cokelat. Ini manfaatnya untuk bayi.

1. Bayi lebih bahagia

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Finlandia, wanita yang mengonsumsi cokelat ketika hamil dilaporkan memiliki bayi yang lebih bahagia.

2. Mengelola stres

Stres pada ibu bisa berbahaya dan memengaruhi janin. Cokelat pun bisa membantu menurunkan tingkat stres, menurut para peneliti. Studi bahkan mengatakan, mengonsumsi cokelat hitam tiap hari bisa mengurangi tingkat stres secara signifikan.

Ilustrasi ibu hamil sedang bersedih. (Shutterstock)
Ilustrasi ibu hamil sedang bersedih. (Shutterstock)

 

3. Mengurangi risiko keguguran

Wanita hamil yang mengonsumsi cokelat setiap hari, kemungkinan keguguran selama trimester pertama lebih rendah 20 persen.

4. Mengurangi risiko preeklamsia

Sebuah penelitian melaporkan, mengonsumsi cokelat setiap hari bisa menurunkan risiko preeklamsia yang menyebabkan kelahiran prematur, kejang, gumpalan darah, bahkan kematian. Mengonsumsi cokelat bisa mengurangi preeklamsia hingga 50 persen.

Ilustrasi janin dalam kandungan, ibu hamil. (Shutterstock)
Ilustrasi janin dalam kandungan, ibu hamil. (Shutterstock)

 

5. Perkembangan janin lebih baik

Menurut beberapa penelitian, wanita yang mengonsumsi cokelat setiap hari selama kehamilan memiliki pertumbuhan plasenta dan janin yang lebih baik.

Berita Terkait

Berita Terkini