Wanita

Ibu Nunung Idap Kanker Lidah, Ini Penyebab dan Faktor Risikonya

Nunung meminta keringanan hukuman karena sang ibu sedang menderita kanker lidah.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Nunung dan suaminya [Suara.com/Arya Manggala]
Nunung dan suaminya [Suara.com/Arya Manggala]

Himedik.com - Kabar kurang baik datang dari ibu Nunung yang sedang menderita kanker lidah. Nunung yang sedang menjalani hukuman kasus narkoba pun meminta keringan kepada majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dalam sidang pleidoi.

"Alasannya karena saya masih punya tanggung jawab keluarga besar saya. Apalagi hari ini ibu saya masuk rumah sakit karena kanker lidah dan saya harus membiayai rumah sakit," ujar Nunung sambil terisak di hadapan hakim, Rabu (20/11/2019).

Ibu Nunung mulai didiagnosis kanker lidah sejak 3 minggu lalu. Nunung mengatakan bahwa ibunya sempat tidak mau berobat karena usianya sudah 84 tahun.

"Malam ini biopsi. Kalau operasi sama kemo nggak mungkin karena usianya sudah sepuh, jadi ya yang terbaik aja lah," ujar Nunung yang merasa sedih tak bisa menemani ibunya.

Melansir dari Medical News Today, kanker lidah termasuk jenis kanker mulut yang berkembang di sel skuamosa di permukaan lidah. Penyakit ini bisa menyebabkan tumor atau lesi.

Komedian Nunung Srimulat atau lengkapnya Tri Retno Prayudati kisahkan kondisi ibunda penyandang kanker lidah [Suara.com/Yuliani].
Komedian Nunung Srimulat atau lengkapnya Tri Retno Prayudati kisahkan kondisi ibunda penyandang kanker lidah [Suara.com/Yuliani].

Tanda-tanda kanker lidah yang paling mencolok adalah luka pada lidah yang tidak sembuh dan lidah terasa sakit. Kanker lidah pun bisa berkembang di dua area lidah, yakni bagian depan dan belakang yang dikenal sebagai kanker orofaringeal.

Sebenarnya, para ahli tidak mengetahui sepenuhnya mengenai penyebab kanker lidah. Namun, beberapa faktor bisa meningkatkan risiko seseorang menderita kanker lidah.

Faktor risiko yang diketahui meliputi:

  1. Merokok atau mengunyah tembakau
  2. Mengonsumsi alkohol secara berlebihan
  3. Konsumsi makanan rendah buah, sayuran dan daging
  4. Konsumsi makanan olahan
  5. Menderita infeksi human papillomavirus (HPV)
  6. Memiliki riwayat keluarga dengan kanker lidah atau mulut
Ilustrasi kanker lidah (shutterstock)
Ilustrasi kanker lidah (shutterstock)

Pria lanjut usia adalah kelompok yang paling berisiko terkena kanker lidah. Kanker mulut paling umum juga terjadi pada mereka yang berusia 50 tahun ke atas.

Selain itu, perokok yang banyak minum sekitar 15 kali lebih berisiko mengembangkan kanker mulut dibandingkan orang lain.

Faktor risiko tambahan termasuk:

  1. Penyakit refluks gastroesofagus ( GERD )
  2. Mengunyah sirih, kebiasaan umum di Asia Tenggara
  3. Paparan bahan kimia tertentu, termasuk asbes, asam sulfat dan formaldehida
  4. Kebersihan mulut buruk atau faktor-faktor lain yang mempengaruhi mulut, seperti gigi bergerigi yang menyebabkan iritasi atau gigi palsu yang tidak pas.

Berita Terkait

Berita Terkini