Wanita

McClintock Effect, Fenomena Siklus Menstruasi Selaras dengan Teman Dekat

McClintock Effect menyimpulkan bahwa siklus menstruasi antar perempuan yang dekat dapat terjadi bersamaan.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi wanita haid - (Shutterstock)
Ilustrasi wanita haid - (Shutterstock)

Himedik.com - Pernahkah kamu bertanya-tanya kenapa teman dekat Anda selalu memulai menstruasi pada saat yang sama? Rupanya, ada istilah untuk menyebut fenomena ini siklus menstruasi yang bebarengan ini, yakni dikenal sebagai Period Sync atau McClintock Effect.

Dilansir dari Healthline, ini adalah proses ketika wanita yang tinggal atau berinteraksi secara dekat mengalami sinkronisasi siklus menstruasi.

Proses sinkronisasi siklus mentruasi ini pertama kali ditulis oleh Martha McClintock. Ia melakukan penelitian terhadap 135 mahasiswi yang tinggal di asrama bersama untuk melihat apakah siklus menstruasi mereka selaras.

Ia menyatakan saat wanita yang tinggal berdekatan satu sama lain atau pada dasarnya menghabiskan banyak waktu bersama, biasanya mengalami sinkronisasi dalam siklus menstruasi mereka.

Sayangnya, penelitian ini tidak menguji faktor siklus lainnya, seperti ketika wanita berovulasi. Ia hanya melacak ketika perdarahan bulanan wanita dimulai.

Ilustrasi perempuan sedang alami menstruasi. [shutterstock]
Ilustrasi perempuan sedang alami menstruasi. [shutterstock]

Meskipun McClintock Effect diyakini benar keadaannya, penelitian lain dengan tidak mendukung kesimpulan asli Martha McClintock.

Pada tahun 2006, sebuah studi baru membuat pernyataan bahwa "wanita tidak menyinkronkan siklus menstruasi mereka."

Studi ini mengumpulkan data dari 186 wanita yang tinggal dalam kelompok di asrama di China. Setiap periode sinkronisasi yang tampaknya terjadi, studi menyimpulkan, berada dalam ranah kebetulan matematika.

Di sisi lain, sebuah studi besar yang dilakukan oleh Universitas Oxford dan perusahaan aplikasi pelacakan periode, Clue, merupakan pukulan terbesar terhadap teori McClintock Effect.

Ilustrasi perempuan minum boba. (Shutterstock)
Ilustrasi teman dekat. (Shutterstock)

Data dari lebih 1.500 orang menunjukkan bahwa tidak mungkin wanita dapat mengganggu siklus menstruasi satu sama lain dengan berdekatan satu sama lain.

Seperti banyak masalah kesehatan wanita, sinkronisasi menstruasi patut mendapat perhatian dan penelitian lebih lanjut, meskipun sulitnya membuktikan atau membantah.

Untuk beberapa waktu panjang ke depan, McClintock Effect mungkin akan terus berlanjut sebagai keyakinan yang nyata. Namun penting untuk dicatat bahwa memiliki siklus menstruasi yang "tidak selaras" dengan teman dekat Anda, tidak berarti ada yang salah dengan hubungan kalian.

Berita Terkait

Berita Terkini