Wanita

Seiring Bertambahnya Usia, Vagina akan Mengalami 7 Perubahan Ini

Saat Anda mulai menua, vagina juga akan mengalami berbagai perubahan.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi organ intim vagina. (Shutterstock)
Ilustrasi organ intim vagina. (Shutterstock)

Himedik.com - Saat Anda mulai menua, berbagai bagian tubuh akan berubah termasuk vagina. Perubahan vagina sendiri bisa mencakup rambut, kulit, otot, hingga tulang. 

Tapi bukan hanya fisiknya yang berubah, bertambahnya usia juga mengubah fungsi vagina. Melansir dari Healthshots, beberapa perubahan ini akan terjadi pada vagina Anda ketika menua, antara lain:

1. Otot dasar panggul melemah

Saat menua, Anda akan kehilangan massa otot yang berujung pada pelemahan fungsinya termasuk pada otot dasar panggul.

Dengan melemahnya otot dasar panggul, maka dukungannya pada kandung kemih dan uterus juga berkurang. Kondisi ini yang menyebabkan inkontinensia urin atau bahkan prolaps vagina.

2. Perubahan rambut kemaluan

Seperti rambut di kepala Anda, rambut kemaluan Anda juga menua. Rambut kemaluan bisa berubah menjadi putih, mengalami penipisan dan kerontokan.

Ilustrasi tren memutihkan vagina. (Shutterstock)
Ilustrasi vagina. (Shutterstock)

3. Perubahan pada vulva

Seiring bertambahnya usia, kadar estrogen dalam tubuh Anda menurun. Sementara jumlah estrogen yang sedikit membuat jaringan di vulva menjadi menipis, pucat, dan tak kencang. 

Meskipun perubahan ini sangat normal, Anda harus berhati-hati saat membasuh area intim agar tidak terluka. 

4. Rentan terhadap infeksi saluran kemih

Dengan kadar estrogen yang lebih rendah dalam tubuh, infeksi berulang dan inkontinensia urin dapat menjadi lebih sering terjadi. 

Kondisi ini terjadi akibat jaringan di sekitar uretra menipis bersama dengan jaringan di sekitar vulva yang membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi saluran kemih. 

Berita Terkait

Berita Terkini