Wanita

Ibu Hamil Disarankan Minum Air Putih 10 Gelas Sehari, Ini Manfaatnya!

Minum 10 gelas per hari bagi ibu hamil memiliki banyak manfaat, terlebih untuk janin.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Ibu hamil. (shutterstock)
Ibu hamil. (shutterstock)

Himedik.com - Bagi ibu hamil, air putih adalah sumber mineral yang bagus karena dapat menjaga perkembangan janin, serta kesehatan sang ibu.

Selain itu, asupan air juga membantu membentuk cairan ketuban, menghasilkan ekstra darah, membawa nutrisi, meningkatkan pencernaan, membuang racun, dan membangun jaringan baru.

"Oleh karena itu, penting untuk wanita hamil minum setidaknya 10 gelas air putih setiap hari," kata Hemangi Negi, Konsultan Senior Obgyn, Max Multi Speciality Center, Noida.

Dilansir The Health Site, berikut fungsi asupan air putih bagi ibu hamil.

1. Suplai darah

Negi menjelaskan bahwa hidrasi tubuh yang cukup selama kehamilan penting dilakukan agar semua organ mendapat suplai darah yang baik.

Efek lainnya dari ini adalah kulit sang ibu yang lebih bersinar.

Ilustrasi ibu hamil menjalani kehamilan trimester pertama.
Ilustrasi ibu hamil (Shutterstock)

2. Mengangkut nutrisi ke bayi

"Air berperan sebagai media untuk mengangkut vitamin , mineral, dan nutrisi penting lainnya kepada bayi melalui sel darah ibu agar bayi di dalam rahim tumbuh sehat," sambungnya.

Cairan yang mengelilingi bayi, disebut cairan ketuban, terbuat dari air dari tubuh sang ibu. Jadi, asupan air putih yang cukup selama kehamilanakan memungkinkan volume cairan menjadi nromal.

3. Menghindari infeksi

Asupan air putih yang cukup selama kehamilan mengurangi kemungkinan berkembangnya infeksi seperti Infeksi Saluran Kemih (ISK).

“Air membuang kotoran di sepanjang saluran kemih dan dengan demikian mengurangi kemungkinan ISK dan batu ginjal,” jelasnya.

Ilustrasi ibu hamil sedang minum. (Shutterstock)
Ilustrasi ibu hamil sedang minum. (Shutterstock)

4. Mengatasi masalah pencernaan

Masalah pencernaan seperti keasaman, sembelit cukup umum terjadi selama kehamilan. Namun, masalah tersebut bisa dihindari dengan asupan air yang tepat.

Selain itu, air memberi efek pendinginan, yang dapat bermanfaat bagi ibu hamil dan bayinya.

5. Mengurangi pembengkakan

Wanita hamil rentan mengalami edema atau pembengkakan di kaki, pergelangan kaki, dan tangan.

Negi merekomendasikan minum 10 gelas air putih setiap hari untuk mengurangi pembengkakan. Bahkan dalam beberapa kasus, hal ini mungkin membuat pembengkakan hilang.

Berita Terkait

Berita Terkini