Wanita

Jangan Panik Kalau Vagina Menghitam, Simak 4 Penyebabnya

Ada beberapa faktor yang memicu vagina menghitam, apa saja?

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi miss v/organ intim/vagina. (Shutterstock)
Ilustrasi miss v/organ intim/vagina. (Shutterstock)

Himedik.com - Vagina memang umumnya berwarna lebih gelap daripada bagian tubuh Anda lainnya. Tetapi jika warna vagina lebih gelap lagi, Anda tak perlu khawatir.

Melansir dari Healthshots, berikut empat alasan mengapa vagina menjadi lebih gelap, antara lain:

1. Perubahan Hormonal

Perubahan hormonal bisa terjadi di sepanjang hidup perempuan. Fluktuasi ini juga dapat memengaruhi warna vagina dan area di sekitarnya.

Sebuah penelitian dari American College of Obstetricians and Gynecologists menunjukkan bahwa selama masa pubertas, misalnya peningkatan estrogen secara tiba-tiba dalam tubuh dapat membuat vagina menjadi gelap.
Faktanya, di usia akhir 30-an dan 40-an estrogen menjadi rendah karena mendekati menopause. Kondisi ini juga bisa menyebabkan vagina menggelap.

2. Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)

PCOS menjadi kondisi di mana kista kecil berkembang di ovarium dapat menyebabkan perubahan hormonal di dalam tubuh. Kondisi ini membuat hormon androgen muncul berlebih dan memengaruhi kadar estrogen yang memicu menggelapnya area vagina.

ilustrasi vagina. (Shutterstock)
ilustrasi vagina. (Shutterstock)

3. Infeksi Tertentu

Infeksi tertentu sering kali menimbulkan masalah pada vagina.

"Sering kali, area di sekitar vulva dapat terinfeksi jamur, yang mungkin meninggalkan bercak hitam," kata Dr Nirupama Parwanda, dokter kulit dan pendiri Klinik Kulit Zolie di New Delhi, India.

4. Resistensi Insulin

Dokter Parwanda juga menjelaskan bahwa ketika beberapa orang mengalami kenaikan berat badan, mereka mungkin juga mengalami resistensi insulin yang dapat mengakibatkan acanthosis nigricans. Kondisi ini kemudian menyebabkan area di sekitar vulva terutama paha bagian dalam menjadi gelap.

Berita Terkait

Berita Terkini