Wanita

Mengandung Sedikit Merkuri, Udang Aman Dikonsumsi Ibu Hamil

Udang juga kaya nutrisi yang bermanfaat bagi kehamilan.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Ilustrasi ibu hamil (Unplash/@fomaolea)
Ilustrasi ibu hamil (Unplash/@fomaolea)

Himedik.com - Ibu hamil perlu berhati-hati dengan apa yang dikonsumsi. Sebab, makanan yang masuk ke tubuh juga akan memengaruhi perkembangan janin, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Ada beberapa pantangan makanan bagi ibu hamil, termasuk makanan laut meski tidak semuanya. Dan udang merupakan salah satunya.

Jonathan Schaffir, obgyn di The Ohio State University Wexner Medical Center, mengatakan mengonsumsi udang selama kehamilan adalah hal yang aman.

Ia juga menambahkan bahwa tidak ada batasan tegas berapa banyak udang yang boleh dikonsumsi, selama udang tersebut dimasak secara matang.

Udang aman dikonsumsi ibu hamil lantaran hanya mengandung sedikit merkuri dibanding hewan laut lainnya.

Pilih udang segar dan besar. (YouTube/Devina Hermawan)
Ilustrasi udang (YouTube/Devina Hermawan)

Food and Drug Administration (FDA), mengatakan wanita hamil dapat mengonsumsi 8 hingga 12 ons makanan laut rendah merkuri seperti udang setiap minggu.

Hewan ini juga kaya nutrisi yang bermanfaat bagi kehamilan, seperti protein, asam lemak omega-3, vitamin B12, dan zat besi.

Selain udang, dilansir Insider, ibu hamil juga dapat memakan ikan kod, haddock, kerang, sarden, serta remis.

Di sisi lain, makanan laut yang mengandung merkuri tinggi sebaiknya dihindari oleh ibu hamil.

"Merkuri merupaka racun yang berbahaya bagi otak dan sistem saraf janin yang sedang berkembang," kata Schaffir.

Ikan yang lebih besar dan hidup lebih lama lebih mungkin mengandung merkuri tinggi, misalnya king mackerel, marlin, hiu, ikan tuna mata besar, ikan todak, hingga tilefish.

"Ikan tersebut sebaiknya dihindari saat hamil. Namun, jika seseorang ibu hamil hanya memakan satu porsi, tidak perlu panik, karena satu porsi kemungkinan tidak berbahaya," tandas Schaffir.

Berita Terkait

Berita Terkini