Pria

Tergores Kulit Udang, Pria 60 Tahun Terkena Infeksi hingga Meninggal

Ternyata lelaki ini terinfeksi bakteri mematikan dari kulit udang yang disebut vibrio vulnificus.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Ilustrasi udang - (Pixabay/Viclinst90)
Ilustrasi udang - (Pixabay/Viclinst90)

Himedik.com - Saat memasak hewan laut, terutama udang, ternyata harus lebih berhati-hati. Jangan sampai terjdi seperti lelaki asal China ini.

Seorang pria berusia 60 tahunan bernama Wang dari Hangzhou, China, secara tidak sengaja melukai jari tangannya saat memasak udang dan ia dinyatakan meninggal tiga hari kemudian akibat terinfeksi beberapa bakteri mematikan.

Sebelum meninggal, Wang sempat dilarikan ke rumah sakit lantaran kaki kanannya membengkak dengan memar menutupi kulitnya.

Pemeriksaan lebih lanjut menunjukkan banyak organ yang gagal dan akhirnya Wang dipindahkan ke ICU untuk perawatan lebih lanjut.

Keluarganya sampai bingung karena Wang tiba-tiba terserang demam dan koma, tetapi mereka tidak tahu penyebab penyakitnya apa.

Dokter pun menanyai keluarganya dan mengetahui tiga hari yang sebelumnya, Wang pergi ke pasar untuk membeli udang. Selama memilih, ia tidak sadar melukai tangannya dengan kulit luar pada udang.

Mereka pun diberitahu sang dokter bahwa Wang terinfeksi bakteri mematikan dari kulit udang yang disebut vibrio vulnificus. Yakni bakteri langka namun mematikan yang memiliki risiko mematikan tinggi.

Ilustrasi udang (Pixabay/agnp)
Ilustrasi udang (Pixabay/agnp)

Melansir World of Buzz, ini adalah bakteri yang sangat ganas dan dapat menyebabkan tiga kondisi, yaitu gastroenteritis akut dengan memakan hewan laut mentah atau kurang matang, infeksi luka necrotising yang masuk melalui kulit terluka atau sepsis invasif yang dapat menyebabkan kematian.

Tim kesehatan pun mengobati Wang dengan mengombinasikan tiga antibiotik, tetapi kondisinya tetap memburuk dengan banyak lesi kulit muncul di kaki kanan. Jaringan ototnya pun secara cepat mengalami nekrosis.

Tragisnya, setelah tiga hari dirawat, tubuh Wang menyerah pada infeksi yang menyerangnya dan meninggal.

Berdasarkan pengalaman ini, dokter pun mengimbau pada masyarakat untuk berhati-hati ketika memegang udang atau hewan laut karena hewan ini dapat membawa berbagai kuman dan bakteri.

Apabila diketahui ada luka setelah memegang udang, Anda harus segera membersihkan luka sebelum kondisi memburuk. Jika muncul gejala seperti demam, melepuh atau luka lainnya, segera periksakan ke dokter.

Berita Terkait

Berita Terkini