Wanita

Ahli Selidiki Keamanan Vaksin Moderna Bagi Ibu Hamil, Begini Hasilnya!

Ahli telah berusaha menyelidiki keamanan vaksin Moderna bagi ibu hamil untuk melawan virus corona Covid-19.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

ilustrasi ibu hamil - (Pixabay/StockSnap)
ilustrasi ibu hamil - (Pixabay/StockSnap)

Himedik.com - Sebanyak 1 juta orang di seluruh Inggris telah menerima suntikan vaksin virus corona Covid-19 Pfizer dan Oxford. Petugas kesehatan, seperti dokter dan perawat menjadi kelompok pertama yang menerima vaksin.

Adapula vaksin Moderna yang diberikan dengan cara yang sama seperti vaksin Oxford dan Pfizer, di mana harus diberikan sebanyak dua kali suntikan untuk mendapatkan manfaat penuh.

Vaksin Moderna dan Pfizer ini tidak mengandung virus dan tidak bisa menyebabkan virus corona Covid-19. Jenis vaksin ini biasanya disebut sebagai vaksin mRNA.

Vaksin mRNA bekerja dengan memberikan instruksi pada tubuh untuk membuat protein lonjakan yang digunakan oleh virus corona masuk ke sel tubuh.

Ketika seseorang diberikan vaksin, beberapa selnya akan membaca instruksi mRNA dan menghasilkan protein lonjakan.

Ilustrasi vaksin. (Shutterstock)
Ilustrasi vaksin. (Shutterstock)

Artinya, sistem kekebalan seseorang akan mengenali protein ini sebagai benda asing dan menghasilkan antibodi serta sel darah putih untuk menyerangnya.

Jika nanti orang itu terinfeksi virus corona, sistem kekebalan akan mengenalinya dan siap untuk mempertahankan tubuh melawannya.

Lalu, bisakah wanita hamil mendapatkan suntikan vaksin Moderna?

NHS dan JCVI telah menjelaskan tentang keamanan vaksin Moderna untuk wanita hamil. Tapi, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika dan Komite Penasihat Independen untuk Praktik Imunisasi mengatakan wanita hamil harus minum vaksin.

Berita Terkait

Berita Terkini