Wanita

Tunda Tes Mammogram 4 Minggu Usai Suntik Vaksin Covid-19, Ini Alasannya!

Wanita harus menunda tes mammogram selama 4 minggu setelah suntikan kedua vaksin Covid-19.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Vaksin Covid-19, vaksinasi, jarum suntik. (Pixabay)
Vaksin Covid-19, vaksinasi, jarum suntik. (Pixabay)

Himedik.com - Baru-baru ini, seorang dokter di Utah, Amerika Serikat, menyarankan wanita yang baru saja suntik vaksin Covid-19 harus menunda tes mammogram tahunan jika bertepatan dengan jadwalnya.

Beberapa wanita yang suntik vaksin Covid-19 mungkin akan mengalami adenopati aksila, yang juga dikenal sebagai pembengkakan kelenjar getah bening setelah vaksinasi.

Seorang dokter di Ohio lantas memperingatkan bahwa reaksi ini bisa disalahartikan sebagai tanda kanker payudara. Karena, banyak pasien yang mengalami pembengkakan kelenjar getah bening di bawah lengan yang sama dengan tempat suntik vaksin Covid-19.

"Saat orang menerima vaksinasi, ada respons peradangan di lengan," kata Dr Brett Parkinson, direktur medis Pusat Perawatan Payudara Intermountain Healthcare di Murray, Utah, AS dikutip dari Fox News.

Dr Brett mencatat bahwa dirinya dan dokter lain telah melihat adanya pembengkakan kelenjar getah bening pada wanita yang melakukan tes mammogram tahunan. Mereka juga baru saja suntik vaksin Covid-19.

Ilustrasi virus corona Covid-19, masker bedah (Pixabay/Coyot)
Ilustrasi virus corona Covid-19, vaksin Covid-19 (Pixabay/Coyot)

Kondisi ini ditemukan pada wanita yang telah suntik vaksin Moderna dan atau Pfizer/BioNTech. Dr Brett menemukan kondisi ini selama beberapa minggu terjadi, yang terjadi pada pasiennya setelah vaksin virus corona Covid-19 sebanyak 2 kali.

Beberapa peserta uji coba vaksin Pfizer, juga melaporkan efek samping berupa pembengkakan kelenjar getah bening, serta demam, menggigil, nyeri otot dan nyeri sendi. Efek samping ini umum dialami oleh mereka yang berusia antara 18 hingga 55 tahun.

Dalam upaya untuk mencegah kekhawatiran di antara pasien, Dr Brett dan dokter lain di Intermountain Healthcare menyarankan wanita untuk mencegah tes mammogram setelah suntik vaksin Covid-19, setidaknya 4 minggu setelah suntikan kedua.

Berita Terkait

Berita Terkini