Wanita

Waspada, Gejala PCOS Juga Bisa Muncul dengan Masalah Kulit dan Rambut

Selain membuat menstruasi tak lancar, PCOS juga memicu masalah pada kulit dan rambut.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Kulit berjerawat. (pixabay)
Kulit berjerawat. (pixabay)

Himedik.com - Selain menstruasi yang tidak teratur, sindrom ovarium polikistik atau PCOS dapat memunculkan masalah perubahan kulit dan rambut.

Melansir dari Healthshots, PCOS adalah kelainan kompleks atau lebih tepatnya gangguan spektral tanpa kriteria diagnosis klinik atau laboratorium yang seragam. PCOS adalah salah satu gangguan hormonal paling umum yang menyerang perempuan di seluruh dunia.

PCOS mengakibatkan kelebihan produksi hormon pria, terutama dari ovarium. Kondisi ini juga terkait dengan resistensi insulin.

Landasan patologi PCOS adalah resistensi insulin yang berarti tubuh tidak merespons insulin secara normal sehingga meningkatkan sekresi insulin dari pankreas. Hal ini memicu peradangan dan penambahan berat badan.

Insulin tinggi menyebabkan anovulasi dan juga mendorong sekresi testosteron dari ovarium (hiperandrogenisme). Selain itu, PCOS juga bisa menimbulkan masalah kulit dan rambut, antara lain:

1. Acanthosis nigricans

Acanthosis nigricans adalah kelainan kulit yang ditandai dengan penggelapan dan penebalan kulit, terutama terjadi pada lipatan kulit di ketiak (ketiak), selangkangan, dan bagian belakang leher.

Ilustrasi perempuan sakit  (pusing). (Shutterstock)
Ilustrasi perempuan sakit (pusing). (Shutterstock)

2. Hirsutisme

Hirsutisme atau rambut wajah yang tidak diinginkan adalah akibat dari hiperandrogenisme atau kelebihan sekresi hormon pria. Kondisi ini sebagian besar memengaruhi dagu, sidelock, dada, paha, dan bahkan area puting susu.

3. Jerawat

Perempuan dengan jerawat persisten sejak remaja atau dengan jerawat yang muncul untuk pertama kalinya setelah usia 25 tahun harus melakukan pemeriksaan untuk PCOS. Jerawat pada PCOS umumnya resisten terhadap perawatan jerawat standar dan menyerang sepertiga bagian bawah wajah.

Berita Terkait

Berita Terkini