Wanita

Nagita Slavina Tetap Puasa saat Hamil, Begini Tips Berpuasa yang Aman!

Nagita Slavina yang sedang hamil anak kedua sempat ingin tetap menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (Instagram/@raffinagita1717)
Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (Instagram/@raffinagita1717)

Himedik.com - Baru-baru ini, Nagita Slavina mengumumkan kehamilan keduanya. Istri Raffi Ahmad yang sedang hamil trimester pertama pun tetap menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Tetapi, Nagita Slavina mengalami mual terus-menerus selama menjalankan ibadah puasa. Dokter pun mengingatkan bahwa kondisi itu juga dipengaruhi oleh usia kehamilan Nagita Slavina yang masih trimester awal.

"Kemarin sempat coba puasa, tapu muter (mual) terus dok," ujar Nagita Slavina kepada dokter kandungannya dalam YouTube Rans Entertainment.

Sebenarnya, tidak ada larangan ibu hamil muda tidak boleh berpuasa. Karena, keputusan ini tergantung pada kondisi ibu hamil dan janin dalam kandungan. Sebab, kondisi setiap ibu hamil pasti berbeda-beda.

Tapi dilansir dari Hellosehat, puasa saat hamil muda akan lebih berisiko. Karena, tubuh ibu hamil cenderung membutuhkan banyak nutrisi untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi pada trimester pertama kehamilan.

Tangkapan layar Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.[Youtube/RANS Entertainment]
Tangkapan layar Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.[Youtube/RANS Entertainment]

Sehingga berpuasa ketika hamil muda bukanlah suatu yang mudah. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ibu hamil untuk menjalankan ibadah puasa dengan aman.

1. Minum banyak air

Pastikan Anda minum banyak air saat berbuka puasa dan sahur selama hamil muda. Karena, ibu hamil harus memastikan tubuhnya selalu terhidrasi dengan baik selama berpuasa.

Anda perlu minum air setidaknya 8 gelas atau 2 liter per hari agar terhidar dari masalah dehidrasi selama berpuasa. Bila Anda merasa sangat haus, pusing, lemas hingga terngah-engah di tengah puasa, lebih baik batalkan puasa untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

2. Konsumsi makanan bergizi

Konsumsilah berbagai jenis makanan selama menjalankan ibadan puasa dalam kondisi hamil muda. Supaya, kebutuhkan kaborhidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral tercukupi dengan baik.

Anda bisa mengonsumsi sayuran dan buah-buahan sebanyak 5 porsi per hari yang bisa memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral. Anda juga perlu memenuhi kebutuhan folat, zat besi, vitamin A dan kalsium yang bisa diperoleh dari sayuran, daging, dan susu.

Jangan mengonsumsi makanan tinggi gula, karena hanya akan membuat kenyang tapi tidak memberikan gizi atau nutrisi apapun pada ibu hamil.

3. Istirahat cukup

Pastikan Anda beristirahat cukup agar tidak kelelahan selama berpuasa. Istirahat cukup juga akan membantu menghemat energi. Selain itu, kurangi melakukan aktivitas berat dan olahraga selama puasa. Bila perlu Anda bisa mengurangi aktivitas di luar ruangan bila cuaca sedang panas agar tidak kelelahan.

 

Berita Terkait

Berita Terkini