Wanita

Waspada, 6 Tanda Kanker Berikut Sering Diabaikan Perempuan

Ada beberapa tanda kanker yang sering kali diabaikan perempuan.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi perut kembung. (iStock)
Ilustrasi perut kembung. (iStock)

Himedik.com - Kanker sering kali muncul dengan tanda yang halus dan tidak signifikan. Dengan begitu tak jarang tanda kanker pada perempuan sering kali diabaikan.

Melansir dari Eat This, berikut beberapa tanda kanker pada perempuan yang sering kali diabaikan, antara lain:

1. Pendarahan yang Tidak Biasa

Pendarahan vagina atau pendarahan dubur kadang-kadang diabaikan para perempuan.

"Ini sering kali menandakan proses yang mengkhawatirkan seperti kanker rahim atau usus besar. Tanda-tanda ini seringkali menakutkan dan perempuan mungkin tidak mau mengakui bahwa mereka membutuhkan pengujian lebih lanjut," kata Soma Mandal, MD, seorang spesialis kesehatan wanita di Summit Medical Group di Berkeley Heights, New Jersey.

"Jika ada pendarahan yang berasal dari tempat yang biasanya tidak ada, yang terbaik adalah meminta dokter Anda memeriksanya," imbuhnya.

2. Kelelahan Konstan

Merasa kelelahan secara konstan juga bisa menjadi tanda kanker.

"Jika Anda merasa kelelahan secara umum tidak peduli berapa banyak tidur, istirahat atau kafein yang Anda konsumsi, maka itu bisa menjadi tanda kanker," kata Dr. Jill Stocker, DO, seorang dokter di West Hollywood, California.

3. Kembung

Kembung, nyeri atau tekanan dari tulang kemaluan hingga di bawah tulang rusuk yang berlangsung lebih dari dua minggu merupakan tanda peringatan kanker ovarium. Hal ini dinyatakan oleh Shieva Ghofrany, MD, seorang OB-GYN di Stamford, Connecticut.

4. Penambahan Berat Badan Tak Terduga

Penambahan berat badan yang tidak diketahui sebabnya dan perubahan kebiasaan buang air besar Anda bisa menjadi tanda-tanda halus dari kanker ovarium.

"Tanda-tanda kanker ovarium bisa sangat kabur. Perempuan sangat mungkin mengabaikan perubahan dalam kebiasaan buang air besar dan berat badan mereka," kata Kameelah Phillips, MD, seorang OB-GYN di New York City

5. Penurunan Berat Badan Tak Terduga

Penurunan berat badan tanpa sebab bisa menjadi tanda bahaya.

"Ini bisa menjadi masalah, terutama jika disertai dengan hilangnya nafsu makan atau perubahan kebiasaan buang air besar. Sejumlah kanker bisa muncul dengan cara ini, termasuk kanker kerongkongan, hati, usus besar dan pankreas, serta leukemia atau limfoma," kata Peterson Pierre, MD, seorang dokter kulit di Thousand Oaks, California.

Ilustrasi timbangan. (Unsplash.com)
Ilustrasi timbangan. (Unsplash.com)

6. Perubahan Kulit

Setiap perubahan tahi lalat atau bintik, atau munculnya tahi lalat baru bisa menjadi tanda kanker kulit.

"Melakukan pemeriksaan mandiri secara teratur dan melaporkan perubahan ke dokter kulit bersertifikat Anda dapat mengarah pada deteksi dini dan menyelamatkan hidup Anda," kata Pierre.

Berita Terkait

Berita Terkini