Wanita

Sering Dilakukan, 7 Kebiasaan Berikut Bisa Timbulkan Masalah pada Payudara

Beberapa kebiasaan berikut disebut bisa berbahaya bagi kesehatan payudara, apa saja?

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Masalah payudara (suara.com)
Masalah payudara (suara.com)

Himedik.com - Payudara menjadi salah area tubuh yang sensitif sehingga membutuhkan perawatan khusus. Oleh karena itu, jika Anda ingin memastikan payudara Anda tetap sehat, Anda harus merawatnya. Pahami bahwa beberapa kebiasaan sepele malah bisa melukai payudara Anda. 

Melansir dari Healthshots, berikut beberapa kebiasaan yang bisa melukai payudara Anda, antara lain:

1. Memakai ukuran bra yang salah

Jika Anda mengenakan ukuran bra yang salah, itu dapat menyebabkan kendur payudara yang tidak bisa diperbaiki. Sementara pemakaian yang terlalu ketat akan menghalangi aliran darah ke payudara. Penggunaan bra yang tidak pas dikaitkan dengan nyeri leher, punggung, dan bahu.

2. Mencukur Rambut di Payudara

Menurut penelitian yang diterbitkan Journal of Physical Activity and Health, penggunaan pisau cukur di sekitar area puting dapat menyebabkan infeksi. Selain itu, pencabutan bulu juga dapat meningkatkan risiko terjadinya peradangan.

3. Tindik puting

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University Of Iowa menunjukkan tindik di puting dapat merusak saluran produksi ASI dan menyebabkan payudara Anda meningkatkan risiko timbulnya abses yang merupakan infeksi berisi nanah yang menyakitkan.

4. Rokok dan kafein berlebihan

Merokok tidak hanya buruk untuk paru-paru dan jantung, tetapi juga dapat menyebabkan masalah terkait payudara seperti kehilangan elastisitas, kendur, nyeri payudara, dan peningkatan risiko kanker payudara.

5. Tidak memakai bra

Pastikan Anda mengenakan bra saat keluar untuk joging atau pergi ke gym. Tidak memakainya akan menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang parah.

Ilustrasi payudara, bra (Pixabay/jacmac34)
Ilustrasi payudara, bra (Pixabay/jacmac34)

6. Tidak melembabkan payudara

Kulit payudara Anda sangat tipis dan rentan kehilangan elastisitas. Jadi, ingatlah untuk selalu melembabkan payudara Anda setiap hari.

7. Tidur tengkurap

Tidur tengkurap dapat mengurangi aliran darah ke payudara, berdampak negatif pada ligamen dan jaringan. Oleh karena itu, Anda harus tidur telentang agar payudara Anda tetap sehat.

Berita Terkait

Berita Terkini