Wanita

Asupan Cokelat Malah Bantu Bakar Kalori pada Perempuan Menopause

Studi baru menunjukkan bahwa asupan cokelat bisa bantu bakar kalori pada perempuan menopause.

Fita Nofiana

Ilustrasi makan cokelat. (Pixabay/aleksandra85foto)
Ilustrasi makan cokelat. (Pixabay/aleksandra85foto)

Himedik.com - Para peneliti di Brigham and Women's Hospital bekerja sama dengan para peneliti di University of Murcia di Spanyol menunjukkan bahwa makan cokelat untuk sarapan mungkin memiliki beberapa manfaat yang tidak terduga. Namun, ini tentu hanya untuk beberapa golongan orang saja. 

Melansir dari Healthline, asupan tinggi coklat susu di pagi hari sebenarnya dapat membantu pembakaran lemak dan mengurangi gula darah.

Mereka juga menemukan bahwa cokelat dapat memengaruhi rasa lapar dan nafsu makan, bakteri usus, tidur, dan banyak lagi. Selain itu, makan cokelat di malam hari dapat mengubah metabolisme keesokan paginya.

Penelitian ini melibatkan 19 perempuan pascamenopause. Setiap orang makan 100 gram cokelat susu, baik dalam waktu 1 jam setelah bangun tidur atau dalam waktu 1 jam sebelum tidur.

Tim peneliti kemudian membandingkan perempuan yang tidak makan cokelat untuk efek terukur, seperti penambahan berat badan. Setelah 14 hari makan cokelat, berat badan para perempuan tidak bertambah.

Ilustrasi makan cokelat. (Shutterstock)

Mereka yang makan cokelat di pagi hari mengurangi asupannya sekitar 300 kkal/hari, sedangkan mereka yang makan di malam hari mengurangi asupannya sekitar 150 kkal/hari.

Angka tersebut lebih rendah dibandingkan dengan 542 kkal/hari yang mereka peroleh dari makan cokelat. Selain itu, cokelat juga ditemukan bisa mengurangi rasa lapar dan keinginan untuk makan permen.

Para peneliti selanjutnya menemukan tanda-tanda peningkatan pembakaran lemak dan penurunan gula darah pada perempuan yang makan cokelat di pagi hari.

Berita Terkait

Berita Terkini