Wanita

Menjaga Kesehatan Jantung, Kunci Lancarnya Kehamilan

Sebuah studi menunjukkan bahwa menjaga kesehatan jantung bisa jadi kunci lancarnya kehamilan.

Fita Nofiana

Ilustrasi ibu hamil. (pixabay)
Ilustrasi ibu hamil. (pixabay)

Himedik.com - Menjaga kesehatan jantung tak hanya baik bagi jantung Anda, namun juga memperlancar proses kehamilan Anda. Hal ini dinyatakan pada studi yang diterbitkan pada European Journal of Preventive Cardiology.

Melansir dari US News, penulis studi Dr. Sadiya Khan mengatakan temuan untuk melakukan penilaian jantung yang lebih komprehensif sebelum kehamilan daripada berfokus pada faktor risiko tekanan darah tinggi (hipertensi) atau indeks massa tubuh (perkiraan berbasis lemak tubuh pada ketinggian dan berat).

"Pada kenyataannya tidak semua kehamilan direncanakan, tetapi idealnya kita akan mengevaluasi perempuan jauh sebelum hamil sehingga ada waktu untuk mengoptimalkan kesehatan mereka," kata Khan, asisten profesor kardiologi di Universitas Northwestern Feinberg School of Medicine, di Chicago.

"Kita juga perlu mengalihkan fokus kita untuk memprioritaskan dan mempromosikan kesehatan perempuan sebagai masyarakat. Jadi alih-alih hanya mengidentifikasi hipertensi, kita perlu mencegah tekanan darah menjadi tinggi," imbuhnya. 

Studi ini mencakup lebih dari 18,6 juta kehamilan, menemukan hubungan yang kuat antara hasil kehamilan dan kesehatan jantung perempuan, termasuk empat faktor risiko penyakit jantung. Faktor-faktor risiko tersebut adalah berat badan yang tidak sehat, merokok, tekanan darah tinggi, dan diabetes.


Lebih dari 60 persen perempuan memiliki satu atau lebih faktor risiko penyakit jantung pra-kehamilan, dengan 52 persen memiliki satu dan 7 persen memiliki dua.

Dibandingkan dengan wanita tanpa faktor risiko, mereka yang memiliki faktor risiko sekitar enam kali lipat berisiko dirawat di unit perawatan intensif (ICU), sekitar empat kali risiko kelahiran prematur, hampir tiga kali lipat risiko untuk berat lahir rendah dan hampir sembilan kali risiko kematian janin.

Selain itu, temuan menunjukkan bahwa setiap faktor risiko meningkatkan kemungkinan hasil yang merugikan. Dibandingkan dengan perempuan tanpa faktor risiko, mereka yang memiliki satu faktor risiko meningkatkan peluang untuk wanita hamil yang membutuhkan perawatan ICU sebesar 12 persen, memiliki dua faktor risiko menabrak risiko sebesar 86 persen, memiliki tiga faktor risiko lebih dari empat kali lipat risiko, dan memiliki empat menaikkannya hampir enam kali lipat.

"Faktor risiko kardiovaskular individu, seperti obesitas dan hipertensi, hadir sebelum kehamilan telah dikaitkan dengan hasil yang buruk bagi ibu dan bayi," kata Khan. 

"Data ini menggarisbawahi bahwa meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan sebelum kehamilan harus menjadi prioritas," imbuhnya.

Berita Terkait

Berita Terkini