Info

Hidung Tersumbat Karena Virus Corona Covid-19, Lakukan 3 Metode ini!

Ada beberapa cara alami yang bisa membantu mengatasi hidung tersumbat akibat virus corona Covid-19.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi hidung tersumbat - (Pixabay/geralt)
Ilustrasi hidung tersumbat - (Pixabay/geralt)

Himedik.com - Hidung tersumbat bisa terjadi karena alergi atau infeksi virus, seperti flu, pilek dan virus corona Covid-19.

Hidung tersumbat bisa menyebabkan ketidaknyamanan, tetapi banyak pengobatan rumah yang bisa dilakukan dan membantu melegakan pernapasan Anda dalam waktu singkat.

Secara alami, Anda bisa minum banyak air dan istirahat untuk mengatasi hidung tersumbat. Tapi dilansir dari Express, ada beberapa cara alami lainnya yang bisa membantu mengatasi hidung tersumbat.

1. Menghirup uap

Banyak orang yang mengalami hidung tersumbat mencoba mengatasinya dengan menghirup uap. Mereka melakukannya dengan mengisi sebuah mangkuk atau baskom dengan air panas, lalu memposisikan wajahnya di atas baskom berisi air panas tersebut.

Kehangatan dan kelembapan ini bisa membantu menyenangkan selaput dan membantu lendir mengalir lebih baik. Anda juga bisa menambahkan minyak chamomile atau peppermint ke dalam campuran untuk menambah kelegaan.

Ilustrasi menguapi wajah. (Shutterstock)
Ilustrasi menguapi wajah. (Shutterstock)

2. Kompres hangat

Handuk hangat dan basah yang dikompreskan ke wajah bisa membantu meredakan pembengkakan dan peradangan yang disebabkan oleh hidung tersumbat atau infeksi sinus.

Cara ini juga bisa membantu menjaga selaput lendir tetap lembab dengan menghirup udara lembab, yang bisa membantu pernapasan berfungsi dengan baik.

Caranya, rendam handuk atau kain dalam air hangat, peras dan tempelkan ke wajah dalam posisi Anda tetap nyaman untuk bernapas melalui mulut.

3. Tidur dalam posisi kepala lebih tinggi

Tidur dalam posisi kepala lebih tinggi bisa membantu melegakan lubang hidung dan sinus yang tersumbat. Karena, tidur dalam posisi kepala sejajar dengan bahu justru semakin memperburuk hidung tersumbat dan mengakibatkan lendir menumpuk semalam.

Berita Terkait

Berita Terkini