Wanita

Bagi Perempuan, Tumbuh Rambut di Dagu Bisa Jadi Tanda Kondisi Kesehatan

Tumbuhnya rambut di dagu perempuan bisa menjadi tanda berbagai penyakit.

Fita Nofiana

Ilustrasi perempyanrambut dfi. (pinterest)
Ilustrasi perempyanrambut dfi. (pinterest)

Himedik.com - Sementara penyebab pasti tumbuhnya rambut di dagu  perempuan mungkin bukan hal biasa. Hal ini dapat disebabkan oleh perubahan hormonal karena beberapa kondisi dan bahkan obat-obatan tertentu. 

Melansir dari Healthshoots, berikut adalah alasan potensial yang mendasari di balik rambut dagu:

1. Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

PCOS adalah gangguan hormonal di mana hormon androgen pria dapat mengalami overdrive dan mengakibatkan penambahan berat badan, menstruasi yang tidak teratur, jerawat, masalah kesuburan, dan pertumbuhan rambut yang tidak normal.

Mengalami hirsutisme dan rambut wajah yang tidak diinginkan, terutama rambut dagu sangat umum terjadi pada PCOS. 

2. Sindrom Cushing

Meskipun sangat jarang terjadi, gangguan endokrin tertentu seperti sindrom Cushing dapat menjadi penyebab pertumbuhan rambut dagu yang berlebihan. Kondisi ini disebabkan oleh paparan berlebihan terhadap hormon stres kortisol.

Seiring dengan rambut dagu, kelebihan hormon ini menyebabkan penambahan berat badan, stretch mark, dan diabetes tipe 2.

3. Gen 

Sebagian besar perempuan memiliki rambut vellus di wajah tetapi beberapa mungkin memiliki rambut dagu yang lebih terminal. Hal ini dapat disebabkan oleh genetik.

Gen Anda memainkan peran penting dalam pertumbuhan rambut wajah. Dikatakan bahwa jika kerabat ibu seperti nenek, ibu, dan bibi atau saudara perempuan memiliki rambut dagu pada usia tertentu, maka Anda juga cenderung mendapatkannya pada waktu yang sama.

4. Penuaan

Seiring bertambahnya usia, tubuh Anda mengalami banyak perubahan terutama menopause yang merupakan alasan utama di balik tumbuhnya rambut di dagu.

Selama menopause, kadar estrogen menurun dan perubahan hormonal ini dapat menyebabkan pertumbuhan rambut ekstra.

Ilustrasi penuaan. (Elements Envato)
Ilustrasi penuaan. (Elements Envato)


5. Kehamilan

Tingkat hormon Anda berubah sepanjang hidup Anda karena pubertas, penuaan, menopause, penambahan berat badan dan faktor lain termasuk kehamilan.

Rambut dagu yang berlebihan terkadang dapat dikaitkan dengan kehamilan yang memicu ketidakseimbangan hormon dalam tubuh Anda dan mengakibatkan pertumbuhan rambut wajah.

6. Tumor adrenal atau ovarium

Ada banyak gejala yang berhubungan dengan kelenjar adrenal yang berhubungan dengan kelebihan produksi hormon adrenal. Rambut dagu adalah salah satu gejala tumor kelenjar adrenal.

Pada perempuan, peningkatan androgen karena tumor adrenal dapat menyebabkan hirsutisme (perkembangan rambut wajah).

Berita Terkait

Berita Terkini