Wanita

Vagina Kering Bikin Tak Nyaman, Simak 3 Penyebab Berikut

Berikut beberapa hal yang bisa memicu kekeringan vagina, apa saja?

Fita Nofiana

Ilustrasi miss v/organ intim/vagina. (Shutterstock)
Ilustrasi miss v/organ intim/vagina. (Shutterstock)

Himedik.com - Banyak faktor yang dapat menyebabkan vagina kering, ini disebabkan karena dinding vagina menjadi lebih tipis atau menurunkan kadar airnya. Kedua hal ini dapat menyebabkan kekeringan pada vagina yang ditandai dengan rasa tidak nyaman. 

"Seseorang mungkin mengalami gatal-gatal, terbakar, kemerahan, ketidaknyamanan pada vagina, masalah kencing hingga sakit saat berhubungan seksual. Jadi, begitu kita mengetahui penyebab kekeringan pada vagina, kita dapat mencegah dan merawatnya," kata Dr Aruna Kalra, direktur, kebidanan & ginekologi, Rumah Sakit CK Birla, Gurugram seperti yang dikutip dari Healthshots.

Melansir dari Healthshots, berikut adalah 3 penyebab paling umum vagina kering, antara lain: 

1. Kekurangan estrogen atau kekurangan hormon

Salah satu penyebab paling umum dari kekeringan vagina adalah penurunan kadar estrogen.  Dokter Kalra mengatakan bahwa kekurangan estrogen bisa terjadi setelah melahirkan atau selama menyusui. 

"Kondisi ini juga dapat terjadi pada seseorang yang menjalani radioterapi atau kemoterapi untuk beberapa jenis kanker. Juga, pada mereka yang pascamenopause dan menopause setelah ovarium diangkat melalui pembedahan. Itulah beberapa penyebab di balik kekurangan hormon," ujar dokter Kalra.

2. Pil KB hormonal

Kekeringan vagina bisa menjadi efek samping hormonal dari beberapa metode pengendalian kelahiran seperti pil KB hormonal yang mengandung hormon estrogen atau progesteron. 

Hal ini disebabkan karena pil KB menurunkan kadar testosteron perempuan yang diproduksi oleh ovarium di mana menyebabkan kekeringan pada vagina.

Ilustrasi pil KB (shutterstock)
Ilustrasi pil KB (shutterstock)


3. Penggunaan beberapa jenis obat-obatan

Beberapa jenis obat juga menyebabkan kekeringan pada vagina. Jika Anda menggunakan krim anti-estrogen untuk fibroid rahim, untuk endometriosis, atau jika Anda menggunakan obat anti-alergi untuk pilek, Anda dapat mengalami kekeringan pada vagina. 

"Kekeringan pada vagina juga dapat disebabkan oleh banyak obat lain seperti antidepresan," kata Dr Kalra.

Berita Terkait

Berita Terkini