Wanita

Ibu Hamil, Yuk Konsumsi Buah-buahan Ini

Ibu hamil perlu asupan makanan sehat, termasuk buah-buahan.

Yasinta Rahmawati

Buah-buahan. (pixabay/couleur)
Buah-buahan. (pixabay/couleur)

Himedik.com - Selama kehamilan ibu hamil perlu asupan makanan sehat, seperti buah-buahan. Mengonsumsi buah segar selama kehamilan dapat meningkatkan kesehatan ibu dan juga bayi.

Sebab buah-buahan memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang baik. Melansir dari Medical News Today, ada lima buah yang perlu dikonsumsi selama kehamilan. Apa saja?

Jeruk

Jeruk segar memiliki sumber folat, vitamin C, dan juga mineral. Bahkan, buah ini sangat bagus untuk menjaga seseorang agar tetap terhidrasi.

Di samping itu, kandungan vitamin C juga dapat mencegah kerusakan sel serta membantu penyerapan zat besi.

Untuk kandungan folat nya, ini dapat membantu mencegah cacat tabung saraf dari penyebab kelainan otak dan sumsum tulang belakang bayi.

Mangga

Mangga merupakan buah yang kaya akan vitamin A dan juga C. Jika mengonsumsi satu buah mangga, ini menyediakan 100 persen dari kebutuhan harian yang direkomendasikan.

Tak hanya itu, jika bayi kekurangan vitamin A, dapat menyebabkan kekebalan lebih rendah dan berisiko terkena komplikasi pasca kelahiran. Salah satunya adalah infeksi pernapasan.

Pir

Buah pir menyediakan sumber yang baik untuk kesehatan janin. Mulai dari serat, kalium, dan folat. Mengonsumsi lebih banyak serat selama kehamilan dapat membantu meringankan sembelit dan gejala kehamilan umum.

Selain itu, sumber kalium pada buah pir dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung wanita dan juga bayi. Bahkan, buah ini juga dapat merangsang regenerasi sel.

Pisang

Pisang mengandung sumber vitamin C, kalium, vitamin B6, dan juga serat. Dari kandungan serat yang tinggi, ini dapat membantu mengatasi sembelit selama kehamilan.

Tak hanya itu, beberapa bukti menunjukkan, vitamin B6 dapat membantu meredakan mual dan muntah pada masa kehamilan awal.

Apel

Apel mengandung sumber nutrisi yang baik untuk perkembangan janin wanita. Mulai dari vitamin A, vitamin C, serat, dan juga kalium.

Hal ini telah dibuktikan lewat studi, yang menunjukkan mengonsumsi apel selama masa kehamilan dapat mengurangi kemungkinan terjadinya risiko. Salah satunya asma dan alergi yang terjadi pada bayi.

(Suara.com/Aflaha Rizal Bahtiar)

Berita Terkait

Berita Terkini