Wanita

Gejala Menopause, Perhatikan 4 Tanda-tanda ini Pada Mulut Anda!

Ada beberapa gejala umum menopause yang bisa terlihat pada mulut Anda.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi mulut kering. (Shutterstock)
Ilustrasi mulut kering. (Shutterstock)

Himedik.com - Menopause merupakan proses alami tubuh yang terjadi seiring bertambahnya usia. Kebanyakan wanita mulai mengalami gejala menopause setelah usia 45 tahun ke atas.

Perubahan hormon akibat menopasue ini juga bisa menyebabkan beberapa gejala umum di mulut, yang mungkin sering terbaikan.

Menopause sendiri merupakan kondisi ketika seorang wanita berhenti mengalami menstruasi dan tidak bisa lagi hamil secara alami.

Hal itu merupakan kondisi yang normal terjadi seiring bertambahnya usia. Kondisi ini disebabkan oleh penurunan kadar estrogen dari waktu ke waktu dan usia rata-rata seorang wanita mengalami gejala menopause adalah 51 tahun.

Kebanyakan wanita akan mengalami beberapa jenis gejala menopause, tetapi ada empat tanda utama yang harus diwaspadai di mulut Anda.

ilustrasi menopause. (Envato Elements)
ilustrasi menopause. (Envato Elements)

Banyak wanita mungkin tidak menyadari bahwa mulut salah satu organ tubuh yang bisa terpangaruh ketika menopause," kata direktur klinis regional Bupa Dental Care, Dr Faizan Zaheer dikutip dari Express.

Dr Faizan mengatakan perubahan kadar hormon bisa membuat mereka lebih rentan terhadap masalah kesehatan mulut, seperti mulut kering dan penyakit gusi.

Selama menopause, gigi dan gusi kita membutuhkan perhatian ekstra. Jadi, sangat penting untuk menjaga kesehatan mulut yang baik dan pemeriksaan kesehatan mulut yang rutin ke dokter gigi.

Salah satu gejala menopause yang paling umum pada mulut adalah memiliki mulut kering. Karena, penurunan kadar estrogen dapat menyebabkan produksi air liur lebih rendah yang mengakibatkan mulut kering.

Beberapa pasien mungkin juga mengalami penyakit gusi, yang menyebabkan gusi sakit, bengkak dan berdarah. Penyakit gusi juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

Menopause juga bisa menyebabkan kelemahan pada rahang dan risiko osteoporosis yang lebih tinggi. Beberapa obat osteoporosis memiliki efek samping nyeri rahang dan perawatan gigi rutin mungkin akan lebih sulit bagi pasien osteoporosis.

Sementara itu, gejala menopause yang jarang terjadi adalah sindrom mulut terbakar, yakni suatu kondisi yang menyebabkan rasa sakit pada lidah, gusi, bibir dan tenggorokan.

Bahkan, sindrom mulut terbakar bisa meninggalkan rasa logam di mulut dan menyebabkan beberapa makanan terasa berbeda.

Jadi, 4 gejala menopause pada mulut ini meliputi:

  1. Mulut kering
  2. Gusi bengkak, berdarah dan sakit
  3. Kelemahan rahang
  4. Sindrom mulut terbakar

Anda harus konsultasi dengan dokter jika khawatir tentang gejala menopause. Sebaiknya, bicarakan juga dengan dokter umum bila Anda mengalami gejala menopause sebelum usia 45 tahun.

Berita Terkait

Berita Terkini