Info

5 Olahraga yang Tepat untuk Penderita Rematik

Olahraga di dalam air hangat atau hidroterapi dapat mengurangi rasa nyeri pada penderita rematik.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi pria berenang - (Pixabay/skeeze)
Ilustrasi pria berenang - (Pixabay/skeeze)

Himedik.com - Penderita rematik biasanya mengalami nyeri sendi maupun otot, sehingga membuat mereka enggan bergerak dan melalukan olahraga rutin.

Padahal, tetap berolahraga meski tengah menderita rematik, maka dapat meredakan rasa nyeri yang muncul dari rematik.

Dihimpun dari Ayobandung.com---Jaringan Himedik.com, selain meningkatkan kelenturan tubuh dengan berolahraga maka akan meminimalisir risiko terkena kompilasi penyakit rematik, seperti jantung dan lain-lain.

Mengutip dari situs Arthritis Foundation, terdapat jenis olahraga yang tepat untuk penderita rematik. Berikut lima olahraga yang mampu memperbaiki fungsi sendi dan otot menjadi lebih kuat, terutama bagi penderita rematik.

1. Jalan kaki

Ini merupakan oahraga paling mudah, hemat, dan menyehatkan bagi penderita rematik. Meski terdengar sederhana, dengan berjalan kaki, maka sendi-sendi di dalam tubuh akan melentur, lemas, sehingga mengurangi rasa nyeri.

Anda cukup berjalan kaki selama 30 menit dalam sehari setiap harinya.

Bersepeda/unsplash
Bersepeda/unsplash

2. Bersepeda

Rematik bisa menjadi pemicu kompilasi penyakit, seperti masalah jantung, pembuluh darah.

Dengan bersepeda, maka jantung Anda bisa memacu detak jantung, memperkuat otot kaki, dan mengurangi rasa kaku pada sendi.

3. Yoga

Olahraga ini menggabungkan pada relaksasi dan teknik pernapasan. Dengan irama yang beraturan, yoga bermanfaat untuk penderita rematik sebab gerakan yoga melatih keseimbangan dan kelenturan tubuh.

4. Tai Chi

Seni bela diri tradisional asal China ini memfokuskan pada kelembutan dan keselarasan. Dengan Tai Chi, maka otot akan berfungsi semakin meningkat dan rasa nyeri semakin berkurang.

5. Berenang

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengatakan, olahraga di dalam air hangat atau hidroterapi dapat mengurangi rasa nyeri pada penderita rematik.

Berita Terkait

Berita Terkini