Wanita

Venna Melinda Ingin Punya Anak Lagi, Ini Lho Risikonya Operasi Caesar di Usia 50 Tahun!

Venna Melinda mengaku ingin punya anak lagi, tetapi ragu masih bisa operasi caesar atau tidak.

Shevinna Putti Anggraeni

tasyakuran pernikahan Venna Melinda dan Ferry Irawan [Suara.com/Rena Pangesti]
tasyakuran pernikahan Venna Melinda dan Ferry Irawan [Suara.com/Rena Pangesti]

Himedik.com - Venna Melinda dan Ferry Irawan mengaku masih ingin memiliki anak lagi, sehingga ia pun sempat konsultasi dengan dokter kandungan.

Dokter mengatakan sel telur Venna Melinda masih bagus dan masih ada kemungkinan untuk hamil lagi.

Tapi, Venna Melinda justru ragu kondisinya masih memungkinkan untuk melahirkan caesar lagi atau tidak. Di sisi lain, ia juga tak menolak bila diberi keturunan.

"Cuma aku kayak apa iya yah aku berani caesar lagi. Kan terakhir melahirkan 23 tahun lalu," kata Venna Melinda.

Secara umum dilansir dari UTSouthwestern Medical Center, melahirkan caesar bisa meningkatkan risiko infeksi, pendarahan berlebihan, kerusakan organ reproduksi dan pembekuan darah.

Wanita yang menjalani operasi caesar 80 persen lebih berisiko mengalami komplikasi daripada mereka yang melahirkan melalui vagina.

Venna Melinda (YouTube/Venna Melinda Channel)
Venna Melinda (YouTube/Venna Melinda Channel)

Apalagi, wanita di atas usia 35 tahun yang sudah mengalami operasi caesar 3 kali, mereka lebih mungkin mengalami komplikasi parah bila melahirkan caesar kembali.

"Secara keseluruhan, metode ini aman. Tapi, pada sebagian kasus, komplikasi parah bisa terjadi pada ibu selama atau setelah melahirkan," kata Dr. Catherine Deneux-Tharaux dari INSERM di Paris.

Karena, otot rahim kehilangan kemampuannya untuk berkontraksi secara efisien seiring bertambahnya usia. Kondisi ini bisa menyebabkan perdarahan hebat setelah operasi caesar di antara wanita yang lebih tua.

Sedangkan, penghentian fisiologis dalam pendarahan setelah melahirkan melibatkan kontraksi rahim, yang mungkin akan terasa lebih berat pada wanita usia tua.

Risiko komplikasi operasi caesar ini pun berbeda-beda seiring bertambahnya usia. Pada wanita di bawah usia 25 tahun yang menjalani operasi caesar, 60 persen lebih mungkin mengalami komplikasi.

Lalu, wanita usia 35 tahun ke atas yang mengalami operasi caesar setelah melahirkan 3-4 kali sebelumnya lebih mungkin mengalami komplikasi parah.

Studi ini bukan dirancang untuk membuktikan risiko komplikasi operasi caesar guna menyarankan wanita usia 35 tahun ke atas untuk tidak hamil.

Melainkan, mengingatkan wanita untuk berhati-hati dan lebih mempersiapkan matang-matang rencana kehamilan dan persalinan setelah usia 35 tahun.

Berita Terkait

Berita Terkini