Wanita

Tes Kehamilan, Kapan Waktu yang Tepat Pakai Alat Cek Kehamilan?

Tes kehamilan tidak hanya dilakukan di pagi hari, karena ada faktor lain yang menentukan akurat atau tidak alat tes tersebut.

Shevinna Putti Anggraeni

Alat tes kehamilan (Pixabay)
Alat tes kehamilan (Pixabay)

Himedik.com - Terrlambat menstruasi, payudara bengkak atau sakit kepala adalah tanda umum kehamilan. Tes kehamilan pun cara paling tepat dan akurat untuk mendeteksi kehamilan.

Meski begitu, Anda harus tahu bahwa janganlah melakukan tes kehamilan terlalu dini. Karena, melakukan tes kehamilan terlalu dini bisa memberikan hasil negatif palsu.

Sehingga, Anda perlu tahu waktu yang terbaik untuk melakukan tes kehamilan. Supaya Anda bisa mendapatkan hasil tes kehamilan yang lebih akurat.

Setelah melakukan hubungan seks, sel telur yang dibuahi akan berjalan ke dalam rahim dan menanamkan dirinya di dinding rahim.

Tapi, Anda perlu tahu bahwa kesuburan seorang wanita berubah selama siklusnya. Jendela masa subur atau ovulasi terjadi sekitar 1 minggu sampai 10 hari.

Ilustrasi test pack, tes kehamilan (shutterstock)
Ilustrasi test pack, tes kehamilan (shutterstock)

Berhubungan seks di luar jendela masa subur ini pastinya memiliki peluang hamil lebih rendah. Bila Anda tidak tahu jendela masa suburnya, Anda bisa menggunakan alat tes untuk mendeteksi jendela masa subur Anda.

Sekitar enam hari setelah pembuahan, sejumlah kecil hormon kehamilan yang disebut gonadotropin kronis manusia (hCG) akan mulai muncul dalam urine.

Gonadotropin kronis manusia adalah hormon yang dideteksi oleh alat tes kehamilan. Hormon ini biasanya memuncak beberapa minggu setelah pembuahan, tetapi tes kehamilan mungkin hanya mendeteksinya sejumlah kecil hormon tersebut.

Sehingga, Anda bisa melakukan tes kehamilan dari hari pertama terlambat menstruasi. Jika siklus menstruasi Anda tidak pasti, Anda bisa melakukan tes setidaknya 21 hari setelah berhubungan seks terakhir.

"Beberapa tes kehamilan yang cukup sensitif bisa digunakan sebelum Anda telat menstruasi. Anda bisa melakukan tes kehamilan pada sampel urine kapan saja, tidak harus di pagi hari," kata NHS dikutip dari The Sun.

Meskipun Anda bisa mendapatkan hasil terbaik dengan melakukan tes kehamilan di pagi hari, karena urine lebih pekat. Tapi, Anda bisa melakukan tes kehamilan kapan saja.

Berita Terkait

Berita Terkini