Wanita

Rima Melati Dirawat di ICU Karena Ulkus Dekubitus, Berapa Lama Sembuhnya?

Rima Melati sedang menjalani perawatan intensif di ICU karena menderita ulkus dekubitus.

Shevinna Putti Anggraeni

Rima Melati (Instagram/timetunnel2)
Rima Melati (Instagram/timetunnel2)

Himedik.com - Rima Melati sedang menjalani perawatan intensif di ICU rumah sakit karena menderita ulkus dekubitus yang cukup parah.

Menurut Widyawati, sahabat Rima Melati, kondisi artis senior itu sekarang cukup mengkhawatirkan. Ia pun tak memungkiri cukup sedih dengan kondisi Rima Melati.

"Karena ikubitus, luka yang di belakang, yang kalau kita terlalu lama tidur, itu jadi ke mana-mana," ungkap Widyawati.

Ulkus dekubitus yang juga dikenal sebagai luka tekan atau luka baring ini bisa memakan waktu 3 hari sampai 2 tahun untuk sembuh.

Seberapa cepat ulkus dekubitus sembuh, tergantung pada seberapa dalam lukanya dan langkah yang dilakukan untuk mengobatinya.

Ulkus dekubitus tahap 1, di mana kuit menjadi merah atau berubah warna tetapi tidak pecah bisa sembuh dalam 3 hari bila dirawat dengan benar.

Rima Melati
Rima Melati

Cara terbaik untuk mengobati ulkus dekubitus tahap ini adalah menghindari penyebabnya. Tapi dilansir dari Schenk Smith, ada beberapa langkah lain yang harus dilakukan, seperti:

  1. Menjaga luka tetap bersih dan kering
  2. Minum banyak air
  3. Konsumsi makanan berprotein
  4. Cukupi asupan mineral dan vitamin

Sedangkan, ulkus dekubitus tahap 2 ketika lapisan kulit pertama dan kedua ikut rusak bisa memakan waktu 3 minggu untuk sembuh. Namun, pada dasarnya pengobatan ulkus dekubitus tahap 2 sama dengan tahap 1.

Sementara itu, ulkus dekubitus tahap 3 biasanya lebih serius dan membutuhkan waktu 1 hingga 4 bulan untuk sembuh. Luka pada tahap ini menembus lapisan kulit pertama dan kedua serta memotong jaringan di bawahnya.

Pada tahap ini, luka bisa terinfeksi. Siapa pun yang mengalami ulkus dekubitus tahap 3 harus segera mendapatkan perawatan medis untuk proses penyembuhannya.

Lalu, ulkus dekubitus paling serius adalah tahap 4 ketika ulkus memperlihatkan otot dan tulang. Pada tahap ini, risiko infeksi sangat tinggi.

Ulkus dekubitus tahap 4 memerlukan kunjungan ke dokter dan mungkin memerlukan pembedahan. Jenis luka ini bisa memakan waktu antara tiga bulan dan dua tahun untuk sembuh.

Berita Terkait

Berita Terkini