Wanita

Rima Melati Idap Ulkus Dekubitus, Kenali Gejala dan Penyebabnya!

Rima Melati menderita ulkus dekubitus yang membuatnya harus menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

Shevinna Putti Anggraeni

Rima Melati (Instagram/timetunnel2)
Rima Melati (Instagram/timetunnel2)

Himedik.com - Rima Melati sedang menjalani perawatan intensif di rumah sakit karena menderita ulkus dekubitus yang parah.

Widyawati juga mengatakan Rima Melati sudah menjalani perawatan di ruang ICU selama seminggu. Bahkan, ia juga menyebut kondisi sahabatnya itu cukup mengkhawatirkan.

"Karena ikubitus, luka yang di belakang, yang kalo kita terlalu lama tidur, itu jadi kemana-mana," ungkap Widyawati.

Ulkus dekubitus merupakan luka pada kulit dan jaringan di bawahnya akibat tekanan yang berkepanjangan pada kulit setelah berbaring terus-menerus.

Penyakit ini membuat pasien duduk di kursi roda atau berbaring di tempat tidur dalam waktu lama, sehingga ada bagian tubuh yang terus tertekan.

Bagian tubuh yang paling sering mengalami luka dekubitus adalah area dekat tulang belakang yang mengalami tekanan ketika berbari, seperti pinggul, tumit pergelangan kaki dan tulang ekor.

Aktris sekaligus istri mendiang Frans Tumbuan, Rima Melati. [Suara.com/Ismail]
Aktris sekaligus istri mendiang Frans Tumbuan, Rima Melati. [Suara.com/Ismail]

Gejala Ulkus Dekubitus

Gejala kondisi ini pun berbeda-beda, tergantung pada tahapan lukanya. Berikut ini dilansir dari Hellosehat, beberapa gejala ulkus dekubitus:

1. Perubahan warna kulit dan terasa hangat

Kulit terlihat kemerahan atau mengalami perubahan warna yang bervariasi. Kulit juga terasa hangat, nyeri dan keras ketika disentuh.

2. Luka terbuka

Luka terbuka pada kulot dengan warna kemerahan akibat ulkus dekubitus ini bisa disertai dengan lepuhan.

3. Bernanah

Luka akibat ulkus dekubitus ini bisa semakin dalam bila dan akan disertai dengan nanah.

4. Luka merusak otot dan tulang

Ketika luka semakin dalam dan bernanag, luka akan menembus lapisan kulit paling dalam hingga merusak otot serta tulang. Kemudian, luka akan membentuk jaringan mati berwarna kehitaman.

5. Perubahan warna pada luka

Pada tahap akhir, luka akan berwarna kuning atau hijau dengan lapisan cokelat nanah di atasnya. Pada tahap ini, lapisan tersebut bisa bersifat basah sehingga harus diperiksakan ke dokter.

Penyebab Ulkus Dekubitus

Beberapa kondisi medis yang menyebabkan pasien harus beristirahat total di tempat tidur dalam waktu lama, seperti pasien yang lumpuh, koma atau memiliki keterbatasan gerak bisa mengembangkan ulkus dekubitus.

Karena, tubuh akan mendapatkan tekanan secara konstan yang menghambat aliran darah menuju jaringan selama berbaring di tempat tidur. Padahal darah berperan penting dalam membawa suplai oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan jaringan tubuh.

Tanpa asupan oksigen dan nutrisi yang cukup, kulit dan jaringan sekitar akan mengalami kerusakan hingga kematian jaringan. Pada akhirnya, terbentuklah luka terbuka yang semakin lebar dan butuh pengobatan.

Berita Terkait

Berita Terkini