Wanita

Wanita Ini Melahirkan Bayi Kembar dengan Jarak Seminggu, Kok Bisa?

Wanita ini melahirkan lagi setelah seminggu sebelumnya anak pertamanya dilahirkan.

Rosiana Chozanah

ilustrasi bayi kembar - (Pixabay/mgeejnr)
ilustrasi bayi kembar - (Pixabay/mgeejnr)

Himedik.com - Sebuah kasus sangat langka terjadi pada seorang wanita asal Texas. Wanita ini melahirkan lagi setelah seminggu sebelumnya anak pertamanya dilahirkan. Jadi, wanita ini melahirkan anak kembar dengan jarak satu minggu terpisah.

Wanita bernama Cara Winhold (30) ini mengetahui dirinya hamil pada Maret 2021. Lima minggu kemudian, hasil USG menunjukkan bahwa ia hanya memiliki satu embrio di rahimnya.

Namun karena Winhold punya riwayat keguguran, dokter memintanya USG lagi dua minggu kemudian, untuk memeriksa apakah kehamilannya masih berkembang dengan baik.

Tetapi, hasil USG menunjukkan bahwa Winhold ternyata memiliki dua embrio.

"Anda bisa melihat bayi A lebih berkembang, sedangkan yang lain seperti titik kecil," kata Winhold, dilansir Live Science.

Bayi kembar (Shutterstock)

Fenomena yang terjadi pada Winhold ini disebut superfetation, di mana kehamilan kedua terjadi di tengah kehamilan lain.

Beberapa kasus superfetasi dijelaskan dalam literatur medis. Tetapi dari yang dilaporkan, sebagian besar terjadi pada wanita yang menjalani perawatan kesuburan seperti fertilisasi in vitro (IVF).

Dalam kasus Winhold, dia tidak menjalani perawatan kesuburan. Karenanya, kasus ini dianggap sangat langka karena tiga peristiwa yang tidak mungkin terjadi secara bersamaan.

"Kemungkinan saya berovulasi dua kali, melepaskan dua telur, dan mereka dibuahi pada waktu yang berbeda,s ekitar seminggu terpisah," sambungnya, menjelaskan apa yang diduga dokter.

Winhold melahirkan anak kembarnya pada Oktober 2021. Colson, bayi yang dikandung lebih dulu, sedikit lebih besar dari kembarannya, Cayden.

Berat Colson juga lebih besar dari Cayden dalam pemeriksaan enam bulan mereka.

Berita Terkait

Berita Terkini