Wanita

Rima Melati Sempat Alami Gagal Jantung, Ini Bedanya dengan Serangan Jantung!

Rima Melati sempat mengalami gagal jantung sebelum meninggal dunia.

Shevinna Putti Anggraeni

Rima Melati (Instagram/timetunnel2)
Rima Melati (Instagram/timetunnel2)

Himedik.com - Rima Melati meninggal dunia pada Kamis sore sekitar pukul 15.14 WIB di Rumah Duka Sentosa RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. Artis senior itu diketahui mengalami infeksi hingga gagal jantung.

Widyawati mengatakan Rima Melati sempat dipompa jantungnya sebelum menghembuskan napas terakhir.

Gagal jantung seperti yang dialami oleh Rima Melati tentu berbeda dengan serangan jantung. Perbedaan keduanya terletak pada penyebab gejala dan cara penanganannya.

Dilansir dari Alodokter, serangan jantung terjadi ketika sel-sel otot jantung tidak mendapatkan oksigen, karena ada sumbatan pada pembuluh darah koroner.

Serangan ini terjadi secara mendadak dan bisa memburuk cepat. Sedangkan, gagal jantung terjadi ketika otot-otot jantung melemah, sehingga tidak mampu memompa darah ke seluruh tubuh.

Peti jenazah Rima Melati di Rumah Duka RSPAD Jakarta Pusat, Kamis (23/6/2022). [Rena Pangesti/Suara.com]
Peti jenazah Rima Melati di Rumah Duka RSPAD Jakarta Pusat, Kamis (23/6/2022). [Rena Pangesti/Suara.com]

Serangan jantung berawal dari pembentukan plak kolesterol dalam pembuluh darah koroner, yakni pembuluh darah yang memberikan nutrisi dan oksigen ke otot jantung.

Plak inilah yang menyebabkan dinding pembuluh koroner menyempit atau tersumbat. Sumbatan ini bisa terjadi kalau sebagian plak pecah dan serpihannya terlepas ke aliran darah menuju pembuluh darah yang kecil.

Sementara, gagal jantung disebabkan oleh kombinasi dari berbagai penyakit yang melemahkan otot jantung secara perlahan. Sehingga, jantung tidak bisa lagi memompa darah ke seluruh tubuh.

Anda juga harus tahu bahwa gagal jantung bisa disebabkan oleh serangan jantung. Tak hanya itu, kondisi ini juga bisa disebabkan oleh hipertensi, gangguan katup jantung, kerusakan otot jantung, penyakit jantung bawaan, penyakit paru-paru, dan penyakit kencing manis.

Berita Terkait

Berita Terkini