Wanita

Istri Tessy Srimulat Idap Kencing Manis Sebelum Meninggal, Kenali Gejalanya!

Istri Tessy Srimulat menderita kencing manis atau diabetes sebelum meninggal dunia.

Shevinna Putti Anggraeni

Tessy [Suara.com/Yuliani]
Tessy [Suara.com/Yuliani]

Himedik.com - Sri Handayani, istri Tessy Srimulat meninggal dunia pada Selasa (28/6/2022) hari ini.

Kadir mengatakan istri Tessy Srimulai menderita diabetes sebelum meninggal dunia. Penyakit inilah yang memicu timbulnya gangguan kesehatan lainnya.

"Seiring usia, kencing manis dampaknya luar biasa dan bisa merembet ke organ lain, seperti paru-paru, ginjal, hati dan lain-lain," kata Kadir ditemui di rumah duka di kawasan Kampung Makasar, Jakarta Timur, Selasa (28/6/2022).

Tak hanya itu, istri Tessy Srimulat juga menderita tumor hati. Tapi, Kadir menekankan penyakit diabetes yang diderita istri Kadir yang mungkin lebih parah.

Dilansir dari Hellosehat, diabetes termasuk penyakit kronis yang juga disebut sebagai penyakit gula atau kencing manis.

Gula di dalam darah yang seharusnya diserap oleh sel-sel tubuh akan diubah menjadi energi. Sedangkan, insulin adalah hormon yang berfungsi membantu penyerapan glukosa dalam sel-sel tubuh untuk diolah menjadi energi dan menyimpannya sebagian sebagai cadangan energi.

Tessy Srimulat menerima para pelayat, salah seorangnya Doyok Srimulat di rumah duka di kawasan Kampung Makassar, Jakarta Timur, Selasa (28/6/2022). [Adiyoga Priyambodo/Suara.com]
Tessy Srimulat menerima para pelayat, salah seorangnya Doyok Srimulat di rumah duka di kawasan Kampung Makassar, Jakarta Timur, Selasa (28/6/2022). [Adiyoga Priyambodo/Suara.com]

Bila insulin terganggu, Anda berisiko tinggi mengalami diabetes yang juga bisa disebabkan oleh beberapa kondisi, seperti:

  1. Kurangnya produksi insulin oleh pankreas
  2. Pengaruh hormon lain yang menghambat kinerja insulin
  3. Gangguan respons tubuh terhadap insulin

Gejala Kencing Manis

Ada beberapa gejala kencing manis yang bisa menjadi pertanda awal diabetes, seperti:

1. Intensitas buang air kecil meningkat

Peningkatan intensitas buang air kecil salah satu gejala umum kencing manis. Hal ini menandakan kadar gula darah berlebih di dalam tubuh dan ginjal mencoba membuangnya dan menyaringnya keluar dari darah. Sedangkan, buang air kecil salah satu cara membuang cairan berlebih ini.

2. Kelelahan ekstrem

Kelelahan ekstrem yang terjadi akibat tingkat energi tubuh terus menurun juga termasuk gejala kencing manis. Kelelahan ini terjadi karena gula yang berpindah dari aliran darah ke sel tubuh berkurang, sehingga sel tubuh tidak memiliki bahan bakar yang cukup.

3. Luka yang sulit disembuhkan

Gejala umum kencing manis lainnya merupakan luka yang sulit disembuhkan dan kering. Karena, kadar gula darah yang tinggi bisa merusak saraf pembuluh darah sehingga mengganggu sirkulasi darah dan berdampak buruk pada penyembuhan luka.

4. Kesemutan atau mati rasa

Kenaikan gula darah yang tinggi juga akan mempengaruhi sirkulasi darah dan merusak saraf di berbagai bagian tubuh. Pada akhirnya, kondisi ini menyebabkan rasa nyeri, kesemutan hingga mati rasa di bagian tangan dan kaki.

Berita Terkait

Berita Terkini