Wanita

Melly Goeslaw Lakukan Operasi Bariatrik, Begini Perawatan Setelahnya!

Melly Goeslaw menjalani operasi bariatrik untuk membantu menurunkan berat badan.

Shevinna Putti Anggraeni

Melly Goeslaw [Suara/Rena Pangesti]
Melly Goeslaw [Suara/Rena Pangesti]

Himedik.com - Baru-baru ini, Melly Goeslaw membagikan perjalanannya melakukan operasi bariatrik untuk mendapatkan tubuh ideal dan sehat.

Melly Goeslaw mengaku mengambil langkah operasi bariatrik karena tetap mengalami obesitas 35 kg dan tidak bisa turun lagi, meskipun program dietnya berhasil turun 25 kg.

Kini, kondisi Melly Goeslaw sudah kembali segar meskipun hanya minum air putih, teh tawar dan susu fresubin selama 2 minggu.

Operasi bariatrik yang dijalani Melly Goeslaw merupakan tindakan medis untuk mengatasi obesitas. Tindakan ini dianjurkan untuk penyandang obseitas yang sudah menjalani diet dan olahraga tapi tidak membuahkan hasil.

Operasi bariatrik ini bisa membantu penurunan berat badan 40-68 persen dalam kurun waktu 2 tahun.

Melly Goeslaw operasi bariatrik (Instagram/@melly_goeslaw)
Melly Goeslaw operasi bariatrik (Instagram/@melly_goeslaw)

Tetapi, pasien obesitas yang sudah menjalani operasi bariatrik juga masih perlu menjalani diet dan olahraga rutin. Sebab dilansir dari Hello Sehat, perubahan gaya hidup setelah operasi bertujuan menghindari komplikasi dan kenaikan berat badan.

Diet setelah operasi bariatrik biasanya akan disesuaikan dengan tekstur dan bentuk makanan.

Pada pasien yang baru saja selesai melakukan operasi akan diberi makanan cair sampai nantinya bertahap kembali mengonsumsi makanan padat.

Diet setelah operasi bariatrik ini dilakukan selama kurang lebih 4-6 minggu sesuai kondisi masing-masing. Adapun makanan yang biasanya dikonsumsi pasien, seperti:

  1. Makanan rendah lemak tanpa gula
  2. Makanan lunak yang sudah bertekstur
  3. Makanan padat
  4. Suplemen yang mengandung zat besi, vitamin B12 ddan vitamin D

Di samping itu, pasien harus menghindari makanan tinggi gula dan lemak setelah menjalani operasi bariatrik. Pasien juga harus menghindari makanan yang tidak boleh dikonsumsi sebelum menjalani operasi.

Berita Terkait

Berita Terkini